Pemkot Yogya & LinkAja Kerjasama Digitalisasi Pasar

share on:
Pihak LinkAja dan Wawali Yogya dalam penandatanganan kesepakatan kerjasama || YP/Fadholy
 

Yogyapos.com (YOGYA) - Program transformasi era digital untuk meningkatkan pelayanan publik serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) sedang gencar digalakkan oleh Pemkot Yogya dengan menggandeng layanan LinkAja. Dan, retribusi pasar adalah salah satu sumber PAD yang sedang digenjot Pemkot Yogya dengan sistem digitalisasi. Upaya ini dilakukan untuk memudahkan pelayanan dan pembayaran.

Dalam penandatanganan nota kesepakatan antara LinkAja dengan Pemkot Yogya dilaksanakan di Galeria Mall, Sabtu (19/10) siang. Hadir dalam kesempatan tersebut Wawali Yogya Drs Heroe Poerwadi MA, Direktur LinkAja Arman Hazairin serta Kadisperindag Kota Yogya Yunianto Dwisutono.

Menurut Arman Hazairin, esensi kerjasama ini adalah untuk meningkatkan PAD retribusi pasar, meningkatkan kualitas pelayanan, serta memberikan kemudahan pembayaran retribusi. “Kami sangat antusias kerjasama dengan Pemkot Yogya dalam mengimplementasikan transformasdi digital dalam pembayaran retribusi. Langkah ini juga membantu ekosistem nontunai dalam mewujudkan target keuangan inklusif,” ujar Arman.

Sementara Wawali Yogya dalam sambutannya sangat mengapresiasi langkah digitalisasi dalam pembayaran retribusi. “Ini adalah suatu terobosan dari Pemkot Yogya dan LinkAja. Jika biasanya pedagang membayar retribusi secara fisik, kurang efektif dan agak ribet. Dengan LinkAja semua menjadi mudah. Selain untuk meningkatkan PAD, upaya ini juga mengedukasi ke pedagang tentang transaksi digital, serta bisa mendongkrak literasi keuangan digital para pedagang pasar,” jelas Heroe Poerwadi.Sebelum dilakukan penandatanganan kesepakatan, pada pagi harinya pihak LinkAja melakukan visit ke Pasar Beringharjo dan sejumlah toko binaan dari BNI 46 dengan naik Trans Jogja. “Komitmen LinkAja dalam program digitalisasi daerah terus kami lakukan progresif. Dalam ekosistem pasar banyak potensi yang masih bisa dikembangkan secara parsial,” umbuh Direktur LinkAja.  (Dol)

 

 

 
 
 
 
   
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


share on: