Lomba Burung Walikota Cup V Dibanjiri Ribuan Kicaumania

share on:
Suasana lomba Walikota Cup V yang meriah, tertib dan berjalan lancar || YP/Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Yogya ke 263 tahun, pihak Pemkot Yogya bekerjasama dengan Pelestari Burung Indonesia (PBI) menggelar lomba ocehan Walikota Cup V, di kompleks Balaikota Timoho, Minggu (13/10). Ribuan peserta dari penjuru nusantara mengikuti lomba ocehan yang terbagi dalam 25 kategori. Dengan pengklasifikasian 4 kelas. Yakni: Walikota, Malioboro, Tugu dan Tamansari.

Secara resmi, acara dibuka oleh Wakil Walikota (Wawali) Yogyakarta Drs Heroe Poerwadi MA, didampingi Ketua PBI Pusat, H Bagiya Rahmadi SH MM, Ketua PBI Yogyakarta Esnawan SH, serta sejumlah sesepuh ocehan.

Heroe Poerwadi mengaku kaget dengan animo peserta ocehan yang membeludak hingga ribuan. “Banyak sekali jumlah peserta yang ikut Walikota Cup V kali ini. Hal ini bisa menjadi parameter jika hobiis burung ocehan semakin berkembang. Selain untuk memperingati 263 tahun kota Yogya, event ini juga menjadi kampanye bagi masyarakat untuk ikut melestarikan burung ocehan,” ujar Wawali Yogya.

Kelas murai batu, cucak hijau, anis merah, branjangan dan kacer masih menjadi favorit peserta. Untuk memudahkan penilaian juri, panitia membagi dua lapangan (lapangan A dan lapangan B) yang dikelilingi pagar barikade. Upaya ini ditempuh agar tidak terjadi kecurangan. Bahkan peserta yang kepergok berteriak secara frontal, langsung didiskualifikasi.

Bagia Rahmadi selaku Ketua PBI Pusat menambahkan, gelaran Walikota Cup V selain untuk mengukur kemampuan burung ocehan, event ini juga menjadi ajang kumpul guyup rukun para kicaumania.

“Antusiasme kicaumania luar biasa sekali. Geliat ekonomi juga tergerak. Terimakasih untuk dukungannya selama ini kepada PBI, dan kami tidak akan berhenti menelurkan inovasi dan program baru, serta edukasi tetang pelestarian burung ocehan,” kata Bagiya Rahmadi didampingi Ketua Panitia Sugeng Darmanto.  (Dol)

 

 


share on: