Parade Merah Putih Mangayubagya Pelantikan Presiden dan Wakilnya

share on:
Suasana meriah Parade Merah Putih di sepanjang Jalan Malioboro || YP/Ist

Yogyapos.com (YOGYA) -  Syukuran jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin, Sabtu (19/10/2019) ditandai kirab Parade Merah Putih. Kirab mengambil start di Halaman Gedung DPRD DIY Jalan Malioboro Yogyakarta, disaksikan ribuan massa di sepanjang jalan yang dilalui.

Sebanyak 45 kontingen ikut ambil bagian. Seperti sanggar budaya, komunitas seniman, elemen pelajar dan mahasiswa, organisasi masyarakat, prajurit bregada, abdi dalem Pakulaman, abdi dalem Keraton Ngayogyakarta, komunitas seni, atraksi barongsai hingga kelompok marching band dari UGM. Ada juga yang menampilkan Gunungan Salak dari Sleman, Gunungan Bakpia, Gunungan Geplak Bantul, Gunungan sayur buah.

Koordinator acara, Widihasto mengatakan acara ini sebagai ungkapan mangayubagya atas pelantikan Presiden dan Wapres terpilih, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

“Selain itu juga untuk menumbuhkan jiwa patriotisme, setia terhadap NKRI dan Pancasila. Serta yang tak kalah penting memupuk kerukunan dan gotong royong antar masyarakat,” kata Hasto.

Hasto dan warga Yogyakarta pun berharap, duet kepemimpinan Jokowi-Maruf tetap mengusung kesederhanaan dan bervisi kerakyatan. “Iklim damai tumbuh subur, konflik horizontal tidak ada lagi, serta yang penting banyak membawa kemaslahatan bagi masyarakat,” pungkas Hasto. (Dol)

 

 

 


share on: