PASAR KERONCONG KOTAGEDE 2019: Hadirkan 15 OK dalam 3 Panggung

share on:
Natsir Dabey, Roes Sutikno beserta panitia saat menerangkan kepada awak media || YP/Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Memasuki gelaran tahun kelima, Pasar Keroncong Kotagede 2019 akan dihelat pada Sabtu 19 Oktober dan mengangkat tema: ‘Keroncong Tak Kunjung Padam’. Tiga buah panggung akan dihadirkan di seputaran Kotagede. Yakni, Panggung Sopingen, Panggung Kudusan dan Panggung Kajengan.

Dalam jumpa media, Rabu (16/10), di Omah Dhuwur Resto, Ketua Pelaksana Pasar Keroncong Kotagede 2019, Natsir Dabey mengatakan, acara kali ini akan menampilkan sekitar 15 grup orkes keroncong (OK) di wilayah DIY-Jateng. Untuk wilayah Jateng berasal dari Solo, Salatiga, Klaten dan Semarang. Semangat melestarikan musik keroncong selalu didengungkan Natsir sebagai penggiat budaya di Kotagede. “Ini juga sebagai ruang untuk menjembatani pelaku dan penikmat musik keroncong. Seperti pada tiap gelaran sebelumnya, kami akan mengemas keroncong dengan konsep di era kekinian. Karena era music tiap tahun selalu berkembang, dan keroncong pun harus adaptif dengan kondisi tersebut. Namun tidak meninggalkan esensi khas dari music keroncong. Kami juga akan berkolaborasi dengan vokalis Jikustik, Brian,” jelas Natsir.

Selain didukung para seniman dan budayawan, acara ini juga mendapat perhatian khusus dari Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, yang mensupport penuh acara yang sarat nilai seni dan budaya ini.

Kepala Bidang (Kabid) Industri Dispar DIY, Roes Sutikno mengutarakan jika Kotagede adalah ‘bengkel’ dari musik keroncong. Proses perkembangan sejarah keroncong bermula dari wilayah tersebut. “Event ini juga bias dikatakan upaya mendokumentasikan sebuah sejarah seni pertunjukan. Perkembangan orkes keroncong pun tiap tahun ada progress. Kini anak-anak muda tak lagi canggung memainkan music klasik yang merupakan bagian dari produk budaya. Dispar DIY sangat mendukung penuh acara ini, yang sangat concern dengan pelestarian seni budaya, serta mampu menggeliatkan lini wisata dan menggerakkan ekonomi warga sekitar,” kata Roes Sutikno.

Adapun line up para penampil antara lain: Panggung Kudusan terdiri Adi Gita Gama, OK Madu Sari ft Subarjo HS, OK Linthang Kanistha, OK Svarama dan Sri Rejeki. Sedangkan untuk Panggung Sopingen akan dihibur OK Irama Kasih ft Cinta, OK Pemuda Kekinian, OK Bening, serta OK Sakpenake. Sementara Panggung Kajengan menghadirkan OK Serenade, OK Zigma, OK Akar 8, OK Pasar Keroncong ft Brian Jikustik. (Dol)

 

 

 

 


share on: