Ultah, Direktur Fighter HS & Law Firm Nanggap Jathilan

share on:
Penampilan anak-anak sanggar Bekso Kudho Mataram || YP/Fadholy

Yogyapos.com (BANTUL) - Sebagai ujud syukur bertambahnya usia, serta upaya mendekatkan seni tradisional dan nilai budaya dengan masyarakat, Direktur Fighter HS Law Firm, Setyawati menggelar kesenian Jathilan Bekso Kudho Mataram yang diadakan di Ingkung Kuali 4, Kalakijo Pajangan Bantul, Minggu (29/9). Acara dimulai dengan penyerahan jaran kepang dari Setyawati kepada Erlangga selaku pimpinan sanggar jathilan. Masyarakat pun tumplek blek menyaksikan jathilan yang terdiri 4 babak tersebut.

Setyawati ditemui di sela acara mengatakan, semoga acara ini bisa menghibur masyarakat sekitar dan mengingatkan lagi kepada kita semua tentang pentingnya nguri-uri kebudayaan.

“Banyak filosofis budaya dalam kesenian jathilan. Kita wajib merawat dan melestarikannya. HS Fighter juga concern terhadap nilai-nilai budaya. Ini senafas dengan kami,” jelas Setyawati.

Wanita yang kerap disapa Tya ini menambahkan, pihaknya sengaja mengusung kesenian jathilan karena bisa diterima segala segmen. Bisa anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orangtua.

“Pamor jathilan kini mulai merangkak naik. Makin digemari masyarakat. Dan tugas kita adalah merawat warisan leluhur ini. Jangan sampai punah,”imbuh Tya didampingi Ketua Advokasi HS Fighter Hariyanto SH.

Pada sesi pertama menampilkan dua babak putra mataram. Dilanjut babak putri ‘wanudya sahasika’. Kemudian rampak gedruk ‘new yakso gedruk’. Dan babak terakhir celenganz. Acara dipandu host Joni Kedaluwarsa, dengan biduan Devi Aldeva. (Dol)

 

 

 

 


share on: