Danlanud Adisutjipto: Komcad Sumber Daya Nasional Memperkuat Kekuatan Utama TNI

share on:

Yogyapos.com (SLEMAN) - Komponen cadangan merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan komponen utama yaitu TNI.

Hal tersebut disampaikan, Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Azhar Aditama D dalam sambutannya yang dibacakan Kadispotdirga Lanud Adisutjipto Kolonel Sus Drs I Made Sudirayasa SH saat menerima kunjungan wisata kejuangan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Udara tahun 2022, di hanggar Skadik 101 Lanud Adisutjipto, Sabtu (13/8/2022).

Lebih lanjut Danlanud Adisutjipto menjelaskan Lanud Adisutjipto merupakan pelaksana pendidikan dibawah Kodiklatau, bertugas melaksanakan pembinaan dan pengoperasian pendidikan seluruh satuan dalam jajarannya, melaksanakan pembinaan Jupiter Aerobatic Team, pembinaan pendidikan awak PTTA, pembinaan minat kedirgantaraan, mendukung kegiatan operasi udara, dan melaksanakan fungsi-fungsi kewilayahan.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menambah bekal pengetahuan tentang kematraaan di lingkungan TNI AU serta dapat menumbuhkembangkan rasa kebanggaan sebagai komponen cadangan Matra Udara,” ujar Danlanud Adisutjipto.

Selain melihat dari dekat satuan yang ada dijajaran Lanud Adisutjipto meliputi Skadik 101, 102, dan 104 beserta alustistanya meliputi pesawat Grob G-120 TP-A, pesawat Cesna, pesawat KT-1B Wongbee serta simulator pesawat.

Dalam kesempatan tersebut para siswa Komcad Matra Udara juga mengunjungi Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Denhanud 474 Kopasgat, dan Akademi Angkatan Udara.

Kunjungan siswa Komcad Matra Udara di Lanud Adisutjipto yang dilaksanakan selama dua hari ini. Di ikuti oleh 500 siswa, yang dalam pelaksanaannya terbagi dalam dua gelombang dengan masing-masing gelombang berjumlah 250 orang, dipimpin oleh Danwing 800 Kopasgat Kolonel Pas Solihin.

Hadir pada acara tersebut Aspotdirga Kopasgat, Paban VI/Taswilud Spotdigaau, Dandenhanud 474 Kopasgat, dan Dansadik Purrat Pusdiklat Kopasgat serta para Instruktur Penerbang Lanud Adisutjipto. (*/Spd)

 


share on: