Brigjen TNI Puji Cahyono Pimpin Rombongan Ziarah ke Makam Dr Wahidin Soediro Hoesodo

share on:
Tabur bunga di pusara Dr Wahidin Soediro Hoesodo || YP-Penrem

Yogyapos.com (YOGYA) - Komandan Korem 072/Pamungkas (Danrem 072/Pmk) Brigjen TNI Puji Cahyono SIP MSi memimpin ziarah dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-144 tahun 2022, di Taman Makam Pahlawan Dr Wahidin Soediro Hoesodo Jalan Magelang km 7,5. Sendangadi, Mlati, Sleman, Jumat (20/5/22).

Ziarah dilaksanakan setelah pelaksanaan upacara Harkitnas yang mengusung tema ‘Ayo Bangkit Bersama’, di Stadion Mandala Krida.  Tema tersebut merupakan bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Peringatan Harkitnas ini hendaknya tidak hanya di maknai sebagai seremonial saja, tetapi esensi sejarah dibalik persitiwa tersebut.

“Mudah-mudahan dengan adanya peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini tumbuhlah kebersamaan di antara kita semua,” harap Danrem.

Selain itu. Bangkit dari pandemi dengan meningkatkan perekonomian sehingga dapat lebih bagus lagi.

Danrem juga berpesan kepada generasi muda untuk meneladani Dr Wahidin Soediro Hoesodo, dimana gagasan dan pemikirinnya untuk membebaskan diri dari penjajahan adalah rakyat harus cerdas dengan memperluas pendidikan, pengajaran, dan memupuk kesadaran bangsa. 

“Mari kita meneladani Dr. Wahidin Soediro Hoesodo sebagai salah satu tokoh bangsa yang berperan dalam pergerakan kebangkitan Bangsa Indonesi,” ajak Danrem.

Pemikiran Dr Wahidin Soediro Hoesodo yang disebar luasakan kepada rakyat Indonesia dan diterima oleh Dr Sutomo beserta mahasiswa STOVIA maka berdirilah Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 yang merupakan tonggak kebangkitan Indonesia di masa penjajahan sehingga tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. 

Turut serta dalam ziarah rombongan Brigjen Pol R. Slamet Santoso (Wakapolda DIY), Marsma TNI Azhar Aditama D (Danlanud Adisucipto), Kolonel Laut (KH/W) Damayanti (Danlanal Yka), Letkol Inf Arief Wicaksana (Dandim 0732/ Sleman), AKBP ACH Imam Rifai (Kapolres Sleman), Forkopimda DIY serta keluarga Dr Wahidin Soediro Hoesodo (*/Met)

 


share on: