Hari Kesiapsiagaan Bencana, Korem 072/Pmk Simulasi Peringatan dan Penyelamatan Korban

share on:
Salah satu sesi simulasi penyelamatan korban bencana alam yang dilakukan prajurit Korem 072/Pmk || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Korem 072/Pamungkas melaksanakan latihan simulasi kesiapsiagaan bencana dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana, di Makorem setempat, Jumat, (26/4/2024).    

Kasiops Kasrem 72/Pamungkas Kolonel Inf M Ibrahim Muchtar Maksum menyampaikan latihan simulasi kesiapsiagaan bencana mengusung tema “Tanggap Tanggon Trengginas Ngadhepi Bebaya” wilayah DIY tahun 2024 ini dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Gubernur DIY Nomor: 100.3.4/2285 Tanggal 5 April 2024. 

BACA JUGA: Jumat Berkah di Polresta Yogya, 150 Nasi Kotak Disambut Gembira Jamaah

Latihan dilaksanakan secara serentak oleh semua institusi Pemerintah di wilayah DIY termasuk Korem 072/Pamungkas dan Kodim jajaran Korem 072/Pamungkas yang berada di wilayah DIY dengan menerapkan Standar Operasional dan Prosedur (SOP) Penyelamatan.  

Pergerakan tim penyelamat dari basecamp ke TKP bencana || YP-Ist

“Bentuk simulasi kesiapsiagaan bencana berupa latihan evakuasi bencana sekaligus aktivasi alat peringatan dini seperti sirene, alarm, kentongan, lonceng, penggunaan perlengkapan pertolongan pertama gawat darurat dan latihan bersama,” jelasnya.   

BACA JUGA: Gara-gara Ponsel Seorang Warga Tercebur Sumur

Melalui latihan ini, diharapkan kepada para Prajurit dan PNS  Korem 072/Pamungkas akan memiliki pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk memberikan bantuan yang efektif saat menghadapi bencana alam khususnya gempa bumi mengingat wilayah DIY sangat rentan terhadap bencana tersebut. (*)


share on: