KBIHU Hajar Aswad Berikan Doorprize Umroh Gratis bagi Jamaah Haji

share on:
Suasana Syawalan dan Pelepasan Calon Haji KBIHU Hajar Aswad , Selasa (23/4/2024) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Dan Umroh (KBIHU) Hajar Aswad (Cahaya Imani Mabrur) melakukan terobosan baru yaitu memberikan hadiah umroh bagi jamaah hajinya dan menggalang dana untuk  pondok pesantren.

“Kami berniat meningkatkan ibadah para jamaah haji sekaligus menggalang infak untuk pondok pesantren, agar lebih bermanfaat,” kata Ketua Kafilah KBIHU Hajar Aswad HM Triyono M Harmoni kepada yogyapos.com di sela-sela acara Syawalan dan Pelepasan Calon Haji KBIHU, Selasa (23/4/2024). 

BACA JUGA: SMA Muhi Yogya Terima Delegasi UTP Malaysia untuk Program Moneywise: Entrepreneurship

Pada kesempatan itu diumumkan, Maryati Amat Bajuri yang beralamat di Daleman Baru RT08/03 Sumberharjo Prambanan beruntung mendapat undian doorprize berupa Umrah Gratis. Maryati adalah salah peserta KBIHU Hajar Aswad yang akan diberangkatkan tahun ini bersama-sama dengan 192 peserta lainnya. 

Tahun ini KBIHU Hajar Aswad akan memberangkatkan 192 peserta, dari Bantul 79 peserta, Sleman 94 orang,  dan Kota Yogyakarta 29 orang, ditambah dengan 16 peserta haji plus.

BACA JUGA: Syawalan RW 06 Jatimulyo Baru, Bu Lurah Ikut Menyumbang Lagu dan Sampaikan Amanat Gubernur

“Untuk Kota Yogyakarta kloter pemberangkatanya 47, Kabupaten Sleman kloter  50 dan Kabupaten Bantul 51,” jelas Triyono.

Untuk memantapkan para jamaah haji dan umroh, pada syawalan itu juga dilakukan pencerahan dan bimbingan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag DI Yogyakarta H Aidi Johansyah MM.

Johansyah dalam sambutannya, menyampaikan bahwa peserta dari KBIHU Hajar Aswad akan tergabung dalam kloter gelombang kedua, artinya peserta akan langsung ke Mekah dan nanti setelah selesai proses ibadah haji baru ke Madinah. Secara singkat, Mantan Kepala Kantor Kemenrian Agama Bantu itu juga  menjelaskan hal-hal penting tentang haji harus diperhatikan oleh calon peserta Haji, walaupun nanti secara lebih detil lagi akan disampaikan bersama-sama dengan peserta lain satu kloter sekaligus diperkenalkan dengan para tim pembimbing lengkap.

“Saya menambahkan bahwa diperlukan adanya koordinasi yang sebaik-baiknya dari semua pihak terkait dalam setiap pengambilan kebijakan agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan sesuai harapan,” ujarnya.

BACA JUGA: Cekcok tentang Tempat Berdagang Beujung Penganiayaan dan Perusakan Mobil

Ditanya perolehan Infaq yang terkumpul pada acara Syawalan itu, Triyono, mengatakan sebesar Rp 26.740.500 diserahkan ke Pondok Pesantren Roudlotussalam Karangsari Sendangtirto Berbah Sleman yang merupakan bagian tak terpisahkan dengan keberadaan KBIHU Hajar Aswad.

Sedangkan acara itu dihadiri oleh lebih dari 1000 orang, terdiri dari calon haji KBIUH Hajar Aswad dan para alumni KBIHU Hajar Aswad yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni KBIHU Hajar Aswad (IKABHA) dari Angkatan I sampai 20 dan jamaah umrah Cahaya Insani. (Spd)


share on: