PDAM Sleman Mulai Operasikan SPAM Regional 2

share on:
Direktur Utama PDAM Tirta Sembada Dwi Nurwata || YP-Eko Purwono

Yogyapos.com (SLEMAN) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sembada Sleman terus berupaya memaksimalkan layanan. Saat ini sedang mengoperasikan suplai air bersih dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional 2.

Sumber air SPAM Regional 2 berasal dari Sungai Progo di Kebon Agung yang diperuntukkan untuk mencukupi kebutuhan air bersih di wilayah Kabupaten Sleman, Bantul dan Kota Yogya.

BACA JUGA: Danrem 072/Pmk Hadiri Open House Gubernur DIY

Direktur PDAM Tirta Sembada Dwi Nurwata mengatakan langkah pemanfaatan SPAM Regional 2 bertujuan untuk pengembangan guna memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Sleman tengah yang didominasi oleh pelanggan golongan niaga.

“Langkah ini sebagai upaya pengembangan untuk menyokong kebutuhan air bersih di wilayah Kapanewon Ngaglik dan Depok, sudah mulai efektif sebelum puasa ramadan 1445 H,” kata Dwi Nurwata, Selasa (16/4/2024).

BACA JUGA: Sekian Puluh Tahun Tak Jumpa, Alumni SD Sleman 1 dan 5 Dulgadaian Merajut Kenangan

Khusus di area Depok, jelas Dwi, akan dikembangkan untuk pemenuhan air bersih golongan perniagaan dan bisnis perhotelan yang permintaan cukup tinggi seiring mulai terjadinya kenaikan okupansi, dengan penambahan sumber air ini diharapkan pelayanan untuk masyarakat tetap berjalan dengan baik. Selama ini telah memiliki kapasitas sebanyak 50 liter per detik.

BACA JUGA: Advokat Dr HM Iwan Setyawan: Pembangunan Masjid Yayasan Al Fath Kalijaga Sesuai Prosedur

“Karena di sekitar Depok itu banyak hotel, dengan tambahan suplai dari SPAM Regional 2 sebanyak 30 liter per detik diharapkan pelayanan bagi masyarakat tidak terganggu,” jelasnya.

Diungkapkan, hingga saat ini jumlah pelanggan sebanyak 45.000, sedangkan target di tahun 2024 ada penambahan 2.000 sambungan rumah (SR) baru.

BACA JUGA: Lulusan Ma'had Aly Bisa Daftar CPNS, Senator Asal DIY Apresiasi Kebijakan Menag RI

“Dengan demikian jumlah pelanggan yang semula 45 ribu menjadi 47 ribu,” tuturnya.

Sebelumnya telah dioperasikan SPAM Regional 1 yang selama ini dapat mensuplai di daerah Sleman barat, khusus di Kapanewon Gamping, Tambakrejo Tempel, Moyudan. “Selain itu kita juga memiliki sumber mata air di Umbul Wadon,” pungkas Dwi. (Opo)

 

 

 

 

 


share on: