Tradisi Wiwitan Massal Jelang Panen Raya di Moyudan Dihadiri Wabup

share on:
Kirab ubo rampe wiwitan massal jelang panen raya kelompok Tani Tiwir, di area persawahan Kalurahan Sumbersari Moyudan, Rabu (27/3/2024)

Yogyapos.com (SLEMAN) - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri wiwitan massal jelang panen raya kelompok Tani Tiwir, di area persawahan Kalurahan Sumbersari Moyudan, Rabu (27/3/2024). 

Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Tiwir melakukan kirab yang juga diikuti Wakil Bupati Sleman dari kantor Kalurahan Sumbersari menuju area persawahan yang menjadi lokasi wiwitan masal jelang panen raya.

BACA JUGA: Pekan Depan Pemprov DKI Buka Pendaftaran Gelombang Kedua Mudik Gratis, Ini Prosedurnya

“Wiwitan jelang panen raya ini adalah kearifan lokal yang kita miliki yang benar benar memiliki nilai lebih untuk diuri-uri atau dilestarikan,” kata Danang.

Ia juga menyampaikan perayaan wiwitan jelang panen raya menjadi salah satu kekayaan budaya patut dipertahankan. Salah satu upacara awal memanen padi juga merupakan satu upaya menjunjung kearifan lokal.

Danang mengungkapkan panen raya ini merupakan berita baik untuk

kembali menstabilkan suplai bahan pokok yang sempat mengalami penurunan drastis akibat musim kemarau berkepanjangan beberapa waktu lalu.

“Saya harap dengan panen raya ini stock bahan pokok di pasar semakin stabil sehingga masyarakat tetap dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” pungkas Danang.

BACA JUGA: Nuzulul Quran, Gus Hilmy Ajak Masyarakat Perbarui Pradigma

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Tiwir, FX Sumardi menyampaikan wiwitan jelang panen raya ini sudah rutin dilakukan setiap awal musim panen. Melalui tradisi ini ia berharap hasil panen di Kelompok Tani Tiwir dapat maksimal serta hasil panennya baik sehingga kesejahteraan petani meningkat.

“Upacara upacara tradisi wiwitan masal jelang panen raya ini sebagai wujud syukur kami kepada Allah SWT dan berdoa agar hasil panennya baik dan meningkatkan kesejahteraan kami para petani disini,” jelasnya.(Agn)


share on: