11 Juni di TBY, Gelar Karya Bondan Nusantara

share on:
Diskusi menuju gelar karya-karya Bondan Nusantara di TBY || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Taman Budaya Yogyakarta (TBY) sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dari Dinas Kebudayaan, kembali menyelenggarakan acara tahunan Gelar Karya Maestro.

Acara ini bertujuan untuk mengangkat kembali karya-karya maestro dan mempersembahkannya kepada masyarakat agar dapat diapresiasi, sehingga karya dan gagasan tokoh-tokoh maestro tersebut tetap hidup dan bermanfaat bagi generasi mendatang.

BACA JUGA: Dirut PT Taru Martani Dijebloskan ke Tahanan, Dugaan Korupsinya Mencapai Rp 18,7 Miliar

Tahun ini, Gelar Karya Maestro mengangkat tema maestro ketoprak, Bondan Nusantara, dengan acara yang bertajuk "Bunda Nusantara", sebagai apresiasi kesenimanan Bondan Nusantara.  

Bondan Nusantara dikenal sebagai penulis, sutradara, dan praktisi ketoprak yang juga berprofesi sebagai wartawan di majalah dan koran Bernas. Selama hidupnya, ia menulis lebih dari 150 naskah lakon dan menyutradarai lebih dari 500 pementasan ketoprak. Ia juga mendirikan Tim Pengembangan Ketoprak yang hingga kini masih eksis mengembangkan seni ketoprak.

Acara ini akan dinarasumberi oleh Bambang Paningron Astiaji, RM Altiyanto Henryawan, dan Dr Koes Yuliadi MHum. 

BACA JUGA: Tak Terbukti Korupsi, Jagabaya Sidorejo Kulonprogo Divonis Bebas

Dalam Gelar Karya Maestro Bondan Nusantara, tema pementasan diangkat dari naskah karya Bondan Nusantara yang berjudul "Rembulan Wungu." Pementasan ini disutradarai oleh Tejo Suyanto dan akan menampilkan aktor dari tiga generasi, antara lain Widayat,  Hargi Sundari, Sugiman, Dwi Nurseto, Eko Asmoro, Riyatmi, Dalijo Angkring, Dina Trinil, dan pemain pendukung lainnya.

Gelar Karya Maestro Bondan Nusantara akan dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Juni 2024, pukul 19.00 WIB di Taman Budaya Yogyakarta, Jalan Sriwedari Nomor 1, Yogyakarta. Masyarakat diharapkan dapat hadir dan menikmati pementasan ketoprak ini sebagai bentuk apresiasi terhadap karya sang maestro, Bondan Nusantara. (Yuliantoro) 


share on: