15.143 Siswa Kelas IX Bantul Selesai Ikuti Ujian ASPD

share on:
Suasana tenang di sekolah tempat ujian ASPD || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Sebanyak 15.143 siswa kelas 9 SMP, M.Ts dan paket B (wustha) di Kabupaten Bantul menjadi menjalani ujian Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) yang berlangsung, pada Senin-Rabu (13-15/5/2024).

Kepala Dinas Pendidikan Dasar dan Pemuda (Disdikpora) Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Susanto mengungkapkan peserta sebanyak itu terdiri 10.994 siswa dari 94 SMP, 2.15 siswa dari 25 MTs dan paket B 1.232 siswa dari 29  lembaga.

BACA JUGA: Buang Sampah Sembarangan, Seorang Warga di Sleman Diadili dan Didenda Rp 1 Juta

Secara umum ujian dapat berlangsung, lancar, aman dan tertib. Lembaga sekolah, madrasah dan Lembaga telah melaksanakanya dengan baik sesuai ketentuan yang ada dan berlaku.

“Sedangkan mata ujianya ada 4 yaitu meliputi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa  Indonesia,” sambung Nugroho kepada yogyapos.com, saat melakukan monitoring pelaksanaan ujian ASPD di SMP N 2 Jetis Bantul.

BACA JUGA: 16 Siswa SLTP Terlibat Perkelahian Diwajibkan Apel ke Polsek Imogiri

Ujian ASPD adalah sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di Bantul khususnya dan DIY umumnya. Sedangkan pengumuman hasil ujian dijadwalkan akan dilakukan pada awal atau pertengahan Juni 20204.

Sementara itu, Kepala SMP N 2 Jetis Bantul, Gantyo Suharsono SPd menyatakan, para siswa secara umum nampak lancar dalam menjalani ujian ASPD. Diharapkan hasilnya bagus dan memuaskan.

Kepala Kantor Kemenag Bantul, Ahmad Sidqi (Gus Asid), menyatakan pelaknaan ujian ASPD untuk MTs berjalan lancar, aman dan tertib.

“Kami menerjunkan tim monitoring/pemantau di lapanga. Diharapkan hasil ujiannya MTs sama atau tidak kalah dengan SMP,” katanya. (Spd)


share on: