4 Anggota Jaringan Pengedar Ganja Ditangkap Polisi

share on:
Polisi menunjukkan 4 tersangka dan ganja seberat 2,4 kg || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Jajaran Satres Narkoba Polres Sleman berhasil membongkar jaringan pengedar ganja dan menangkap 4 pelakunya. Mereka adalah Sy (43) AGP, (21) DS (31) dan MRA (25). Dari keempat tersangka ini diamankan barang bukti ganja seberat 2,4 kilogram.

Kapolres Sleman AKBP Anton Firmanto menjelaskan, barang bukti ganja sedianya akan diedarkan tersangka Sy di wilayah Sleman dengan menyasar segmen anak muda. Dari pengakuan Sy baru dua bulan ini berjualan ganja.

“Peran tersangka Sy yang merpakan warga Boyolali adalah sebagai pengedar. Berawal dari penangkapan ini lalu ada pengembangan untuk kasus lainnya. Lalu muncul tersangka AGP dan DS. Dari tersangka AGP dan DS kami berhasil meringkus MRA di Sukoharjo dengan barang bukti ganja 912 gram,” ujar AKBP Anton di Mapolres Sleman Selasa (14/7/2020).

Terbongkarnya jaringan ini berawal dari penangkapan tersangka Sy, Minggu (5/7) di sebuah foodcourt di Denggung Sleman. Barang bukti yang berhasil diamankan adalah ganja kering seberat 483 gram dan sabu 1,87 gram. Petugas lalu mengamankan Sy dan mengembangkan penyidikan. Kemudian muncul nama AGP, ADS dan MRA. Ketiganya berperan sebagai perantara.

Kasat Resnarkoba AKP Andika Pandu menyatakan masih mendalami jaringan pengirim atau pemilik ganja kering ini. Berdasarkan data, ganja didapatkan dari Aceh. Selanjutnya masuk ke DIY melalui Jawa Tengah. Seluruhnya dikirim melalui jasa ekspedisi.

“Keempat tersangka dijerat pasal berlapis. Pasal 114 ayat (2) pidana seumur hidup atau paling singkat 5 tahun penjara dan paling lama 20 tahun penjara. Lalu ada Pasal 111 ayat (1) pidana maksimal 12 tahun penjara dan denda paling sedikit 800 juta dan maksimal Rp 8 miliar,” ungkap AKP Andika.  (Dol)

 

 

 


share on: