Bupati Kustini Gembira Saksikan Hasil Panen Ikan Patin KPI Mina Kebon

share on:
Bupati Kustini ikut panen ikan patin di kolam milik KPI Mina Kebon, Selasa (30/11/2021) || YP-Agung Dwi Purwanto

Yogyapos.com (SLEMAN) - Bupati Sleman Kustini mengapresiasi verifikasi yang dilakukan para pembudidayaan ikan Kelompok Pembudidaya Ikan (KPI) Mina Kebon, sehingga dapat mencapai hasil baik dan memberikan nilai tambah petani ikan.

“Saya sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan KPI Mina Kebon melakukan verifikasi, sehingga hasil panen para petani ikan ini berkualitas,” kata Kustini di sela-sela megigikuti panen raya ikan Patin KPI Mina Kebon, di Jangkang Ssriharjarjo, Ngaglik Sleman, Selasa (30/11).

Kustini mendorong antarkelompok pembudidayaan ikan di Kabupaten Sleman harus saling mendukung. Selain antarkelompk harus ssling menjalin kerjasama sehingga kelompok petani ikan yang maju dapat mendorong kelompok lain untuk maju bersama.

“Saya berharap ini dapat ditularkan kepada kelompk petani ikan yang lain. Kunci utama pembangunan perikanan di Kabupaten Sleman adalah menjaga kerjasama yang didasari keterbukaan yang bertanggung jawab, keikhlasan, kepercayaan dan saling menghargai sehingga terjadi kekelarasan serta keharmonisan dalam bersama-sama membangun perikanan di Kabupaten Sleman,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPI Mina Kebun M Imam S Bono, mengatakan sebelumnya menerima bibit ikan patin sebanyak 5.100 ekor pada 18 Mei 2021. Bibit itu berasal dari Pemerintah Kabupaten Sleman dengan sumber anggaran dari DAK Kelautan dan Perikanan dan kemudian bibit tersebut dipelihara di tiga kolam berbeda milik anggota KPI Mina Kebon selama 6 bulan 10 hari.

“Dari tiga kolam tersebut mendapat keuntungan bersih sebesar Rp 22.957.000,” ujarnya.

Usai melakukan panen raya pada kesempatan tersebut, Bupati Sleman Kustini juga menyerahkan sertifikat kepada KPI Mina yang telah berhasil naik kelas dari madya menjadi kelas utama, berasal dari Demangan Maguwoharjo Depok. Ia didampingi Plt Kadin Pertanian Pangan dan Perikanan Sleman, Panewu Ngaglik serta Lurah Sariharjo juga meresmikan jalan induk joging track sepanjang 300 meter yang kanan kirinya ada kolam ikan serta pepohonan buah. (Agn)

 


share on: