Destinasi Wisata Kali Bedog Diresmikan di Kawasan Kampung Flory

share on:
Bupati Sleman Kustini dan rombongan saat peresmian Destinasi Kali Bedog, Kamis (2/12/2021) || YP-Agung DP

Yogyapos.com (SLEMAN) - Pandemi Covid-19 agaknya tak mengendurkan semangat pengelola pariwisata di wilayah Sleman. Buktinya, meski masih dalam status PPKM, sebuah destinasi wisata anyar ‘Kali Bedog’ dilaunching.

Peresmian destinasi yang berada di kawasan di Kampung Flory Tlogohadi Mlati, ini dilakukan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Kamis (2/12/2021).

Bupati menyetakan, pariwisata merupakan salah satu sektor yang dikembangkan serta diandalkan sebagai dalah sstu pendorong pertumbuhan ekonomi di Sleman. Sektor wissta juga sangat potensi memberdayakan ekonomi masyarakat khususnya dalam menciptakan lapangan kerja. Pemkab Sleman juga mendorong pemberdayaan masyarakat dan pengelolahan potensi wilayah melalui keberadaan Desa Wisata.

“Keberhasilan Pemerintah Kalurahan dan pengelolaan potensi wisata Kampung Flory diharapkan menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat untuk bisa melakukan hal serupa,” ungkap Kustini. 

Ia menyatakan, kampung flory menjadi salah satu destinasi wisata berbasis local wisdom yang mengandalkan sektor budaya, pertanian, perkebunan dan perikanan. Di awal pendiriannya, Kampung Flory merupakan wisata agro yang didirikan dengan semangat untuk dapatenikmsti kembali generasi muda agar tertarik ke dunia pertanian serta mampu memberikan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Tetapi seiring perjalanan waktu Kampung Flory makin dinamis dan berkesimbungan dalam mengelola potensi wilayahnya,” ujarnya.

Menurut dia, pengembangan wilayah desa wisata dilakukan pula untuk menekan urbanisasi membuka lapangan kerja baru guna mengurang jumlah penganggursn di Kabupaten $leman. Bahkan berpotensi membuka peluang usaha. Sehingga harapannya mindset masyarakat dalam mengupayakan kandirian ekonomi keluarga tidak hanya terkotak pada keinginan untuk menjadi pekerja. Namun juga membuka peluang usaha pemberdayaan masyarakat dan pemgelolahan potensi wilayahnya.

Sementara itu ditempat yang sama, pengelola Kampung Flory Sudarsono menjelaskan, bahwa Kali Bedog menjadi salah satu ikon Kampung Flory yang miliki potensi untuk diangkat menjadi daya tarik wisata. Sedangkan peluncuran wisata Kali Bedog di Kampung Flory juga didorong rasa ingin bangkit dari pandemi yang telah berdampak dalam sektor wisata.

“Kami untuk mengangkat Kali Bedog ini juga telah membentuk koperasi dan melakukan sineri mengangkat potensi yang ada di Kali Bedog,”  tandas Tono panggilan akrab pengelola Kampung Flory ini. (Agn)

 


share on: