Hakim Tolak Praperadilan Terhadap Kapolres Sleman

share on:
Sidang pembacaan putusan praperadilan di PN Sleman, Selasa (9/8/2022) || YP-Agung Dwi Purwanto

Yogyapos.com (SLEMAN) - Hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Kun Triharyanto Wibowo SH MH akhirnya memutus menolak praperadilan yang diajukan oleh Ribet Agus terhadap Kapolres Sleman. Putusan tersebut dibacakan hakim dalam sidang lanjutan di PN Sleman, Selasa (9/8/2022). Sidang putusan praperadilan dihadiri kuasa pemohon Bimantara SH dan T Wahyudi Sapta Putra ST SH MH. Sedangkan kuasa hukum termohon terdiri Pembina Heru Nurcahya SH MH, Pembina Haryo Dhanendro SH MH dan Agus Sudiarto SH.

Hakim dalam putusannya diantaranya  mengatakan termohon telah melakukan proses penetapkan tersangka sesuai dengan prosedur serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga tindakan penetapkan Tersangka Nomor S.Tap/48a/VI/2021/ Reskrim, tertanggal 22 Juni 2021 atas diri pemohon telah sah berdasarkan hukum.

“Oleh karena itu menolak permohonan praperadilan pemohon seluruhnya,” tegas hakim.

Salah satu anggota tim kuasa termohon Agus Sudiarto SH menyatakan mengapresiasi putusan hakim yang menolak seluruh dalil-dalil pemohon. Putusan tersebut sudah sesuai fakta di persidangan.

“Memang kami sudah melakukan tugas sesuai prosedur hukum yang berlaku,” katanya pada yogyapos seusai sidang.

Sementara salah kuasa tim hukum pemohon Bimantara SH mengakui serta menerima putusa dari majelis hakim, meski menurutnya ada hal yang dikesampingkan oleh hakim.

Atas putusan hakim yang menolak permohonan praperadilan ini, maka proses hukum kasus pidana yang membelit pemohon akan dilanjutkan hingga ke persidangan. (Agn)

 


share on: