LPS Gelar Kompetisi Riset LPS CFR 2022 Berhadiah Uang Tunai Ratusan Juta Rupiah

share on:
Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa || YP-Ist

Yogyapos.com (JAKARTA) - Sebagai upaya mendorong minat dan aktivitas penulisan ilmiah, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kembali mengadakan kompetisi riset LPS Call for Research (LPS CFR) 2022. Berbeda dari sebelumnya, tahun 2022 ini, penyelenggaraan LPS CFR tidak hanya dapat diikuti secara khusus oleh akademisi/profesi peneliti tetapi juga oleh masyarakat umum. Pendaftaran peserta LPS CFR dibuka sejak tanggal 1 April 2022 sampai dengan 5 Agustus 2022 melalui www.cfr.lps.go.id.

Ketua Dewan Komisioner (DK) Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan, LPS CFR merupakan ajang penulisan ilmiah tahunan yang diselenggarakan secara rutin sejak 2017 yang jumlah pesertanya terus meningkat dari tahun ke tahun. Ajang ini menjadi wadah bagi masyarakat/peneliti untuk mengekspresikan ide dan kemampuan penulisan ilmiah, serta untuk turut berperan aktif dalam mendiseminasikan fungsi dan tugas LPS kepada publik secara lebih luas.

“Untuk tahun ini, LPS CFR 2022 mengusung tema ‘Mendorong Pemulihan Ekonomi yang Resilient di Tengah Tantangan dan Ketidakpastian’. Sedangkan sub tema penelitian  terdiri dari dua bagian yang dapat dipilih, yaitu sub tema umum dan sub tema khusus,” ujar Purbaya seperti dikutip dari rilis yang diterima yogyapos.com Kamis (19/5/2022).

Dijelaskan Purbaya, sub tema umum diperuntukkan bagi minimal mahasiswa Diploma/S1 s.d lulusan S2 dari segala bidang keilmuan dengan pilihan topik yang tersedia antara lain: Program Penjaminan Simpanan; Resolusi Bank; Program Restrukturisasi Perbankan; Stabilitas Sistem Keuangan; Perilaku Deposan dan/atau Bank; Intermediasi Keuangan; Perbankan Syariah; dan Konsolidasi (Merger/Akuisisi) Bank. Sedangkan sub tema khusus diperuntukkan bagi minimal mahasiswa Diploma/S1 s.d lulusan S3 dari segala bidang keilmuan dengan pilihan topik yang tersedia antara lain: Strategi Meningkatkan Literasi Masyarakat atas Program Penjaminan Simpanan oleh LPS; Tantangan dan Peluang Perbankan Digital serta Implikasinya terhadap Program Penjaminan Simpanan dan/atau Resolusi Bank oleh LPS; Strategi Exit Policy dalam Memitigasi Scarring Effect Pandemi Covid-19 terhadap Ekonomi Nasional; Pengembangan Sektor Jasa Keuangan Nasional yang Berwawasan Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG) untuk Pembangunan Berkelanjutan; dan Lanskap Sektor Jasa Keuangan Pasca Pandemi Covid-19.

“Nantinya pemenang kompetisi ini akan memperoleh hadiah  uang tunai total sebesar Rp 205.000.000. Hadiah ini lebih besar dari penyelenggaraan tahun sebelumnya,” tandas Purbaya. (*/Sulistyawan Ds)

 

 


share on: