Lurah di Bantul: Jangan Ada Lagi Penundaan Piludes 2020

share on:
Sunardi, Calon Lurah Desa Imogiri || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Para calon Lurah Desa di Kabupaten Bantul mengharapkan tak ada lagi penundaan atau pengunduran waktu pelaksanaan pemilihan lurah desa (Piludes) serentak tahun 2020 . Pelaksanaannya harus sesuai dengan yang telah dijadwalkan yaitu yang sistem reguler pada 27 Desember dan sistem Pergantiaan Antar Waktu (PAW) pada 20 Desember 2020.

Harapan itu setidaknya seperti yang didungkapkan oleh Sunardi (calon lurah Imogiri) dan Miyadiana (calon lurah Segoroyoso Pleret) serta yang lainnya.

“Waktu pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa itu sudah mengalami pengunduran waktu yaitu semula dijadwalkan dilaksanakan ada 5 September. Namun karena jeda adanya  Pilkada 2020 yaitu 9 Desember, maka telah diundur menjadi 20 Desember untuk sistem PAW. Dan pada 27 Desember  untuk yang reguler. Ini waktunya angan diundur lagi,” kata Sunardi, di Bantul, Selasa (29/9/2020).

Menurutnya, apabila dilakukan penundaan pelaksanaan Piludes maka biayanya kampanye menjadi bertambah. Masyarakat dan calon lurah menjadi jenuh dan kurang greget. 

Sekalipun ada kewajiban mematuhi protokoler kesehatan Pandemi Covid-19, namun janganlah tertunda lagi. Sebab protokoler kesehatan tetap akan dipatuhi. Apalagi informasinya Pemkab Bantul juga akan menyediakan anggaran untuk pengadaan sarana protokoler pencegahan Covid-19. Ini menguatkan untuk tak ada penundaan kembali.

Sementara itu, Miyadiana mengatakan pihaknya dan juga para calon lurah lain mengharapkan Pilides tetap harus dilaksanakan pada 20 dan 27 Desember. 

“Apabila ditunda lagi, maka para calon dan panitianya menjadi jenuh, masyarakat menjadi terasa fakum dan kurang greget. Biayanya untuk rapat sosialisasi pertemuan pertemuan  yang lainnya bisa jadi bertambah,” tegasnya.

Alasan lainnya bahwa pelaksanaan Piludes pada 20 dan 27 Desember juga tidak ada pengaruhnya dengan pelaksanaan hasil perhitungan perolehan suara Pilkada 9 Desember. (Supardi)

 

 

 

 


share on: