Raperbup Kalurahan Pancasila Dibahas dalam FGD Kesbangpol Sleman

share on:
Para peserta FGD nampak antusias mengikuti jalannya acara || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman menggelar Forum Group Diskusi (FGD) membahas Raperbup tentang Pengukuran Indeks Kalurahan Berkarakter Pancasila, di Ruang Rapat Timur Rumah Dinas Bupati, Kamis (30/3/2023).

Kegiatan tersebut diikuti 50 orang peserta terdiri dari Perangkat Daerah terkait  diantaranya, Ketua BPDKal, dan Ketua LPMKal dari 22 Kalurahan yang telah ditetapkan sebagai Kalurahan Berkarakter Pancasila. Menghadirkan beberapa nara sumber yakni, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dengan materi pentingnya  internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam bentuk kebijakan di tingkat kalurahan. K

abag Hukum Setda diwakili Asdadik Isriyadi SH dengan materi Peraturan Bupati sebagai petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan. Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Sleman, Ir AA Alit Merthayasa PhD menyampaikan materi membangun dan merawat kerukunan umat beragama, dan Roni Utami dari Pusat studi Pancasila UGM,dengan materi Rancangan Bupati tentang Pengukuran indeks kalurahan berkarakter Pancasila.

Roni menyampaikan bahwa kondisi sosiologis masyarakat Kabupaten Sleman yang akhir-akhir ini mengalami fragmentasi (keterbelahan) karena persoalan politik, ketimpangan sosial, kesenjangan ekonomi, dan lambanya kerja-kerja pelayanan publik dapat diatasi dengan menempatkan kalurahan untuk mengedepankan nilai-nilai Pancasila sebagsi pondasi kehidupan masyarakat.

Dengan hadirnya Indeks Kalurahan Berkarakter Pancasila diharapkan mampu memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada penyelenggara negara masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan generasi muda serta pembibing ubtuk menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sedangkan maksud diselernggarakan kegiatan FGD adalah untuk meminta masukan dari peserta terkait dalam penyusunan Rancangan Peraturan Bupsti Tentang Pengukuran Indeks Kakurahan Berkarakter Pancasila. (Agn)

 


share on: