Rony Wijaya Agendakan Padat Karya untuk Pemajuan Desa Wisata Pertanian Kebonagung

share on:
Rony Wjaya di muka peserta Forum Reses II, di Kebonagung, Imogiri, Bantul, Jumat (20/5/2022) malam || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Anggota DPRD Kabupaten Bantul Dapil III (Pleret, Imigiri dan Dlingo), Rony Wijaya Indra Gunawan SE, bertekad memajukan sektor wisata dan pertanian di Kebonagung, Imogiri.

Dua sektor itulah yang merupakan andalan bagi Kebonagung, sehingga sudah selayaknya memeroleh perhatian khusus terutama menyangkut pemenuhan sarana dan prasarana untuk pengembangannya.  

“Pariwisata pertanian di Kebonagung harus kuat. Tak ada pilihan lain kecuali munculnya satu tekad dan realisasi untuk terus mengembangkannya. Sehingga hasilnya sanggup menopang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” kata Rony dalam forum Reses II 2022 dan jaring aspirasi di Pendapa Kalurahan Kebonagung, Imogiri, Bantul, Jumat (20/5/2022) malam. 

Forum Reses kali ini diikuti puluhan warga, termasuk Lurah Kebonagung Marjiyem dan sejumlah tokoh pemuda maupun pemuka kampung. Diwarnai lalulintas dialog yang dinamis, lontaran aspirasi dan gagasan-gagasan segar untuk upaya pemajuan wilayah.

Suasana dialog antara Rony Wijaya dan peserta Forum Reses II 2022, di Kebonagung || YP-Supardi

Desa Wisata Kebonagung selama ini lumayan menarik kunjungan wisatawan karena menjual panorama pertanian yang menawan, ada pula  museum pertainan. Potensi ini harus terus dikembangkan, termasuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menggerakkannya.

“Itu semua akan saya jembatani secara optimal. Menyangkut sarana dan prasarana disesuaikan dengan anggaran yang ada di Pemerintah Kabupaten Bantul. Realisasinya bisa melalui program padat karya. Sedangkan untuk peninhkatan kualitas SDM akan dilakukan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan skil pertanian dan pariwisata,” tekad politisi Partai Demokrat. 

Hal penting lainnya, tambah Rony, yakni pengelolaan sampah agar bermanfaat dan tidak mengganggu panorama yang indah. Pengelolaan sampah ini juga ujud dukungan terhadap program yang digulirkan oleh pemerintah kabupaten sebagaimana arahan Bupati Abdul Halim Muslih. Selain dapat menjaga keasrian wilayah, juga bermanfaat secara ekonomi dan kesehatan. 

Sementara itu, Lurah Kebonagung Imogiri, Marjiyem, menuturkan untuk mendukung pariwisata yang ada, pihaknya mengharapkan adanya Pendapa Wisata.

“Pendapa wisata ini juga dibutuhkan untuk mendukung pemajuan. Memiliki multi fungsi, sebagai sarana pertemuan dan tempat aktualisasi ekspresi kesenian pendukung wisata,” katanya.       

Pada kesempatan sama dari para peserta reses juga mengharapkan adanya bantuan sarana dan prsarana satu diantaranya conblok atau pengaspalan menuju Bendung Tegal Sungai Opak yang jalan karena diperlukan (Spd)

 


share on: