Sertifikasi Usaha CHSE untuk Tingkatkan Pariwisata di Yogya

share on:
Wakil Walikota Yogya Hoeroe Poerwadi dalam Workshop Pendampingan Usaha Jasa Pariwisata Tahun 2022, Rabu (18/05/22) di Hotel Grand Kangen Yogyakarta || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Pemkot Yogya melalui Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogya menggelar Workshop Pendampingan Usaha Jasa Pariwisata Tahun 2022, di Hotel Grand Kangen Yogyakarta, Rabu (18/5/22).

Kegiatan ini juga mendorong para Usaha Jasa Pariwisata mendapatkan Sertifikasi Usaha Pariwisata sesuai dengan Pariwisata dan sertifikasi Cleaness Healthy Safety Environment (CHSE) untuk meningkatkan kualitas layanan pariwisata di Kota Yogyakarta.

Kepala Bidang Industri Pariwisata Cesaria Eka Yulianti Sri mengatakan, kegiatan ini mengajak 35 pariwisata yang terdiri dari 10 hotel, 21 restoran, satu usaha jasa boga, satu usaha hiburan dan rekreasi, serta satu usaha tour and travel.

"Akan ada tindak lanjut setelah workshop ini berupa pendampingan usaha jasa pariwisata dan sertifikasi usaha pariwisata baik berupa sertifikasi standar usaha pariwisata dan sertifikasi CHSE,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat mendampingi jasa usaha pariwisata dalam menyambut wisatawan dengan maksimal.

"Kegiatan pendampingan pariwisata ini merupakan upaya peningkatan dan produktivitas pariwisata, agar upaya dalam mendorong sertifikasi pariwisata sesuai dengan standar pariwisata," ungkap Cesaria.

Ia melanjutkan, setiap usaha wajib menerapkan pembinaan dari Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, setiap pengusaha pariwisata wajib menerapkan Standar Usaha Pariwisata dalam menjalankan usaha pariwisata. 

Hal ini merupakan salah satu upaya pembinaan dari Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta terhadap usaha pariwisata melalui sosialisasi regulasi terbaru yakni Sertifikasi di bidang Pariwisata.

“Sertifikasi usaha pariwisata bukan tujuan tetapi hanya sarana bahwa kita sudah memberikan pelayanan lebih baik yang dapat membuat orang berkesan, baik dengan memberikan layanan yang prima yaitu jaminan, kemudahan, kenyamanan dan memberikan pelayanan yang layak” ujarnya.

Heroe berharap, masyarakat memperhatikan kebersihan lingkungan terutama terhadap sampah yang ada di titik-titik wisata di Kota Yogyakarta. 

"Dengan demikian, tidak hanya bersertifikat, namun memberikan pelayanan yang terbaik bagi wisata yang singgah di Kota Yogyakarta," pungkasnya. (Arif KF)

 


share on: