Sukses Musda I PCMK Sleman, Gilang Terpilih Ketua

share on:
Pengurus baru PCMK Sleman dilantik oleh Kepala Disbud Sleman, Jumat (25/9/2020) || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) – Gilang Sanjaya akhirnya terpilih sebagai Ketua Paguyuban Campursari dan Musik Kreatif (PCMK) Sleman dalam Musyawarah Daerah (Musda) I yang berlangsung, di Gedung Studio Audio Visual, Jaban, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Jumat (25/9/2020).

Usai terpilih dalam musda yang diikuti puluhan anggota, Gilang mengungkapkan segera membentuk kepengurusan yang akan mengemban amanah sampai tiga tahun ke depan. Mereka para seniman yang benar-benar punya komitmen  menjaga keberlangsungan seni Campursari di Sleman.

“Kami bergerak di bidang budaya, khususnya musik Campursari. Melestarikan dan mengembangkannya di Sleman. Kepengurusan kami ini akan menjalankan program kerja yang segera digulirkan melalui Musker,” katanya.

Diantara rencana program kerja tersebut adalah mencoba bersinergi dengan Dinas Kebudayaan setempat untuk menyelenggarakan Festival Campursari. Melalui festival nanti diharapkan bisa memantik generasi muda untuk mencintai musik Campursari. “Jadi, sifatnya festival, bukan lomba. Ini sekaligus untuk ikut menopang geliat pariwisata. Kami tentu juga bekerjasama dengan Dinas Pariwisata,” jelas Gilang.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Aji Wulantoro dalam sambutannya mengatakan kini di Sleman telah ada dua paguyuban sejenis yaitu Paguyuban Campursari Sleman (PCS) dan PCMKS. Hal ini tidak masalah, tidak perlu dipertentangkan. Terpenting keduanya sudah memenuhi syarat, mempunyai Nomor Induk Kebudayaan.

“Keduanya sudah sama-sama memenuhi persyaratan. Diantaranya juga mempunyai kepengurusan di 9 kecamatan yang ada di Sleman. Kami dari pemerintah bertugas, diantaranya melakukan pembinaan,” ujarnya seraya menyanpaikan selamat kepada pengurus baru PCMK Sleman.

Dalam struktur kepengurusan itu, Gilang didampingi Sekretaris Inta Cahya Aprilia, Bendahara 1 Widayat Harjito, Bendahara 2 Sasminto, Ketua Rayon Utara Bronto Adi dan Purwoko, Ketua Rayon Selatan Wisky Bagas, Ketua Rayon Timur Haryadi, Humas Tuparno. (Agung DP)

 


share on: