Symphony Gumuk Pasir 2023 di Parangtritis Dihadiri Ribuan Pengunjung

share on:
Salah satu penampilan grup musik di event Symphony Gumuk Pasir 2023, di Pantai Parangtritis, Minggu (24/9/2023) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Ribuan penonton menyaksikan Symphony Gumuk Pasir 2023 yang juga menampilkan artis Ibukota Ghea Indrawari sebagai bintang tamu pada pentas yang diiringi oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Orchestra, di Gumuk Pasir Pantak Parangtritis, Minggu (24/9/2023) malam.

Pementasan ini juga melibatkan sejumlah grup musik, Tari Angguk Kenes serta fashion show karya desainer Bantul dan pameran UMKM.

BACA JUGA: Tim Pengacara Nyatakan Jujur Santoso Orang Jujur, Mohon Dibebaskan

Semua sesi acara selalu mendapat aplaus penonton. Mereka sorak gembira dan tepuk tangan. Bahkan sebagian diantara mereka ikut melantunkan lagu-lagu yang dinyanyikan penyaji.

Menurut kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo, event ini anggarannya menggunakan dana keistimewaan (Danais) DIY.

Animo pengunjung nampak cukup tinggi menikmati suguhan musik || YP-Supardi

“Tujuan kegiatan ini untuk melestarikan, mempromosikan dan menginspirasi pemanfaatan Gumuk Pasir Bharcan,” kata Kwintarto.

Gumuk Pasir merupakan kekayaan Bantul yang jenisnya bergerak ini merupakan keistimewaan alam Bantul. Selama ini hanya terdapat di Parangtritis dan Mexico.

BACA JUGA: Diduga Hendak Bentrok, 15 Remaja Diamankan dan 2 Bilah Celurit Disita

“Kegiatan ini melibatkan sejumlah pihak antara lain Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bantul dan secara kelembagaan ISI Yogyakarta,” tambahnya.

Buparti Bantul Abdul Halim Muslih dalam sambutanya mengatakan, acara ini merupakan kebanggaan tersendiri karena diadakan si Gumuk Pasir yang juga merupakan kekayaan dan kebanggaan Bantul.

“Gumuk pasir ini harapannya dilestarikan, dimanfaatkan dalam ilmu pengetahuan dan juga pariwisata. Event ini salah satu cara kreatif guna menggarap dan mempromosikan pariwista Bantul yang merupakan kabupaten kreatif,” tandasnya. (Spd)

 


share on: