Tumpengan Mengawali Sumonar 2020

share on:
Jajaran panitia Sumonar 2020 secara simbolis melakukan pemotongan tumpeng || YP-Fadholy  

Yogyapos.com (SLEMAN) - Mengawali perhelatan dan memohon kelancaran acara, panitia Sumonar 2020 menggelar doa bersama dan tumpengan di Kantor Citraweb, Jl Magelang KM.7 Sendangadi Sleman, Selasa (4/8/2020) sore. Acara dihadiri sejumlah seniman, kolega dan awak media.

Program Director Sumonar 2020 Ari Wulu mengatakan, dengan adanya tumpengan dan doa bersama ini, kami mengharapkan Sumonar 2020 yang digelar secara virtual bisa berjalan lancer, tanpa hambatan berarti.

“Dihelat dari tanggal 5-13 Agustus. Opening speech pada 5 Agustus jam 19.30 akan disampaikan Gubernur DIY Sultan HB X secara virtual. Gencarnya transformasi bentuk ruang digital sebagai upaya mengembangkan paradigma visual. Kami berusaha menghadirkan ruang untuk mengeksplorasi dan bereksperimen atas berbagai pertemuan bentuk pertunjukan dalam medium digital. Tema besar yang kami usung adalah mantra Lumina,” ujar Ari Wulu.

Sedangkan kurator Sumonar 2020 Sujud Dartanto menjelaskan, Sumonar kali ini diadakan dalam situasi pandemi. “Ini sebagai bentuk nyata harapan terbaik dari para seniman cahaya. Segala hal yang akan tersaji di dalam festival ini sudah dipersiapkan secara matang. Mulai dari platform yang akan digunakan, karya-karya dari para seniman, beragam materi dan masih banyak lagi,” kata Sujud.

Sumonar 2020 diikuti oleh seniman yang berasal dari 9 negara selain Indonesia. Ada dari Bulgaria, Cina, Polandia, Spanyol, Thailand, Macau, Jerman, Chile dan Jepang. Karya-karya seniman tersebut akan disajikan dalam program Interactive Light Art Installation dan Architectural Projection Mapping. (Fadholy)

 

 


share on: