UNY Raih Juara Umum Lomba Inovasi Digital Mahasiswa

share on:
Pengumuman kejuaraan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih juara umum dalam Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) yang diselenggarakan secara daring oleh Universitas Andalas Padang Sumatra Barat.

Dari sepuluh tim yang dikirim UNY, lima tim diantaranya memboyong 4 medali emas dan 1 medali perak. Medali emas diperoleh tim DikasiRegexDong dari Fakultas Teknik pada Divisi I: Inovasi Teknologi Digital Pendidikan, tim Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dari Fakultas MIPA pada Divisi II: Inovasi Materi Digital Pendidikan, tim Aurum dari Fakultas MIPA pada Divisi IV: Poster Digital dan tim Brigida Meraki dari Fakultas Ilmu Pendidikanpada Divisi V: Microteaching Digital. Sedangkan medali perak diraih tim 404 dari Fakultas Teknik pada Divisi II: Inovasi Materi Digital Pendidikan.

Dosen Fakultas MIPA Dr Pujianto merasa gembira dua tim yang dibimbingnya berhasil meraih emas pada LIDM kali ini. Era pendidikan saat ini sudah tidak ada batasan ruang dan waktu, bisa belajar dimana pun, kapanpun dan dengan siapa pun melalui teknologi, sesuai arah Merdeka Belajar-nya Mas Menteri.

“Harapannya semakin banyak produk2 kreatif karya mahasiswa bidang teknologi digital media untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dihasilkan dari LIDM,” kata, Pujianto yang membimbing tim Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan tim Aurum, Senin (20/9/2021).

Ketua tim Aurum, Athi’ Nur Auliati Rahmah merasa bersyukur, senang, dan  bangga bisa menjadi juara di ajang LIDM karena bisa terpilih menjadi yang terbaik dari 800an tim divisi Poster Digital se Indonesia.

“Tahun lalu saya hanya finalis, alhamdulillah tahun ini emas,” kata Athi’.

Mahasiswa prodi pendidikan fisika tersebut berkeinginan agar kedepannya semakin banyak teman-teman yang ikut berinovasi dalam bidang pendidikan.

LIDM adalah lomba yang digagas Pusat Prestasi Nasional - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Puspresnas Kemdikbud Ristek-RI) yang pada tahun 2021 telah terselenggara untuk ketiga kalinya. LIDM pertama tahun 2019 dan kedua tahun 2020 dilaksanakan dengan UNY sebagai tuan rumah. Pada pelaksanaan LIDM ketiga ini dihelat oleh Universitas Andalas.

Kegiatan LIDM ini dimaksudkan  menjadi salah satu wahana dalam membentuk mahasiswa bertalenta di bidang Inovasi Digital mempersiapkan lulusan yang mampu memecahkan masalah melalui berbagai inovasi dan digitalisasi. LIDM memperlombakan lima divisi karya-karya inovasi dan kreasi, yaituDivisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan,Divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan, Divisi Video Digital Pendidikan, Divisi Poster Digital dan Divisi Microteaching Digital. (Dedy Herdito)

 


share on: