Warga Jagalan Banguntapan Nawu Sendang Seliran

share on:
Anak-anak semangat dan gembira membersihkan sumber air Sendang Seliran Kompleks Makam Raja-raja Mataram Desa Jagalan Kapanewon Banguntapan Bantul || YP-Yuliantoro

Yogyapos.com (BANTUL) - Masyarakat Desa Jagalan Kapanewon Banguntapan Bantul DIY, melakukan kegiatan "Nawu Sendang", Minggu (9/6/2024) siang

Kegiatan Nawu Sendang atau menguras dan membersihkan sumber air dilakukan di Sendang Seliran Kompleks Makam Raja-raja Mataram Desa Jagalan Kapanewon Banguntapan Bantul. 

BACA JUGA: KJRI Jeddah Imbau Pengguna Vina Non Haji Sebaiknya Segera Pulang ke Indonesia

Prosesi budaya ini dilakukan oleh ratusan orang bahu membahu menguras sekaligus membersihkan Sendang Seliran Wadon dan Lanang. Selain melibatkan ratusan warga, pengurasan sendang dibantu dengan mesin penyedot air guna mempercepat.

Kirab budaya mengawali acara nguras sendang || YP-Yuliantoro 

Kepala Desa Jagalan H. Kaharuddin mengatakan Nawu Sendang adalah even wisata budaya yang dilakukan rutin setiap tahun sejak 2009. Ia mengatakan Desa Jagalan merupakan bagian dari situs budaya peninggalan Kerajaan Mataram Islam Kotagede. Oleh karena itu memiliki banyak situs peninggalan Kerajaan Mataram seperti Sendang Seliran, Masjid Mataram, Makam Raja-raja Mataram, Sumber Kemuning dan sebagainya. 

BACA JUGA: Tak Terbukti Korupsi, Jagabaya Sidorejo Kulonprogo Divonis Bebas

Desa Jagalan juga kaya peninggalan budaya arsitektur seperti rumah Joglo, rumah kuno perpaduan arsitektur Jawa Eropa seperti Ndalem Rudi Pesik. "Rumah di Desa Jagalan itu khasnya Joglo Khas peninggalan saudara kaya Kotagede. Dahulu mayoritas rumah di Jagalan itu Joglo lawas. Ini merupakan potensi wisata yang selama ini diandalkan desa," tuturnya.

Start kirab budaya dari Makam Raja-raja Mataram Kotagede || YP-Yuliantoro

Prosesi Nawu Sendang diawali dengan kirab budaya  Bregodo prajurit Mataram dari berbagai kampung dari Balai Desa Jagalan Kelurahan menuju Sendang Seliran. 

BACA JUGA: Gus Hilmy Bicara Problem Sosial Hingga Tambang di Konfercab IPNU-IPPNU Yogya, Simak Lengkapnya

Even budaya ini mengundang ratusan warga Desa Jagalan dan Kotagede serta wisatawan. Di sepanjang Jalan Mondorakan menuju Sendang Seliran masyarakat dari anak-anak hingga orang tua menyaksikan kirab bergodo prajurit Mataram yang diperankan dari masing-masing kampung di lingkungan Desa Jagalan. (Yuliantoro) 


share on: