Ada 25 Jenis Jajanan Sleman di Sleman City Hall

share on:
Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun kunjungi salah satu gerai makanan khas di Festival 'Jajal Jajanan Sleman' di Sleman City Hall | YP/Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Festival kuliner "Jajal Jajanan Sleman" yang diinisiasi Dinas Pariwisata Sleman pada 26-28 April 2019, di Garden Lantai 1 Sleman City Hall mendapat apresiasi dari  Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun. Melalui acara ini masyarakat diharapkan bisa lebih mengenal jenis-jenis makanan khas Sleman.

"Saya berharap event itu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten Sleman," kata Sri Muslimatun, Jum'at (26/4/2019).

Dikatakan, wisata kuliner seperti itu merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Sleman untuk melestarikan makanan tradisional yang ada di Sleman. Sangat efektif untuk menarik wisatawan datang ke Sleman.

Sekarang, ujar Sri Muslimatun, kemunculan berbagai macam makanan modern telah mengakibatkan generasi muda kurang mengenali jajanan tradisional. Kalau pun mengenali, mereka juga cenderung kurang berminat untuk mencoba mengonsumsinya.

"Padahal jajanan tradisional cenderung lebih sehat dan mempunyai kandungan gizi yang cukup baik," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih mengatakan,event tersebut telah digelar untuk yang ketiga kalinya sejak 2017 lalu.  Tapi tahun 2019 ini, baru yang pertama kalinya event tersebut digelar di dalam mall setelah sebelumnya diadakan di Taman Kuliner Condongcatur.

"Saya berharap kegiatan rutin setiap tahun ini dapat menarik lebih banyak lagi pengunjung yang akan mencicipi makanan khas Sleman yang legendaris," kata Sudarningsih.

Pada festival kuliner itu ada 25 jenis makanan yang dapat dinikmati pengunjung, mulai dari makanan berat, ringan hingga berbagai minuman. 

Selain disuguhi berbagai jenis makanan, pengunjung juga disuguhi berbagai macam hiburan: musik dan tari-tarian. Juga digelar perlombaan cooking competition, battle cupping coffee dan lomba tari punglor. Dan, festival kuliner akan ditutup dengan acara Kuntulan. (Afn)

 

 


share on: