Dinas KUMKP Gelontorkan Bantuan untuk 18 Koperasi

share on:
Kepala Dinas KUKMP Bantul, Agus Sulistiyono || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DKUMKP) Kabupaten Bantul selama tahun 2020 telah menyelesaikan program kerja yang arahnya menguatkan perekonomian masyarakat. Diantaraya dengan cara menggelontorkan dana bantuan kepada 18 koperasi, masing-masing Rp 25 juta agar mampu bertahan di saat pandemi Covid-19.   

“Sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) kami, di tahun 2020 telah menumbuh kembangkan industri UKM. Selain itu juga menguatkan serta memajukan Koperasi,” kata Kepala Dinas KUKMP Bantul, Agus Sulistiyono, kepada yogyapos.com, usai rapat koordinasi dan evaluasi program kerja, Jumat (16/1/2021).

Menurut Agus, penguatan industri ini dengan cara meningkatkan skill dalam berproduksi, marketing dan promosi melalui IT (secara digital/online). Ini dilakukan ke kelompok UKM ataupun per UKM. Selain itu juga menambah keterampilan di bidang manajemen kepada mereka.

Sedangkan penguatan koperasi dilakukan dengan cara memberikan bantuan modal usaha kepada sekitar 18 koperasi Rp 25 juta per koperasi.

“Melalui cara itu, 18 koperasi semakin tumbuh berkembang. Sedangkan koperasi yang masih aktif namun kurang berkembang bisa mudah untuk berkembang. Kini diketahui jumkah koperasi di Bantul sekitar 349. Yang aktif ada sekitar 239 dan yang sehat sekitar 13 persenya,” tambah Agus.

Ia menuturkan, sejak pandemi Covid-19, bahwa dunia industri dan UKM serta koperasi di Bantul sangat terdampak. Namun dengan cara itu alhasil juga sangat membantu mereka untuk kuat dan eksis di.saat pandemi Covid-19.

“Apabila perlu, program kerja yang telah dilaksanakan  pada tahun 2020 juga sebagian akan dilanjutkan pada tahun ini,” pungkasnya. (Supardi)

 


share on: