Festival Kethoprak Sleman Diikuti Perwakilan dari 17 Kapanewon

share on:
Pembukaan festival Kethoprak Sleman, Rabu (10/8/202) malam || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, membuka Festival Kethoprak Kabupaten Sleman sebagai rangkaian dari Peringatan 'Keistimewaan Suluhing  Peradaban' atau Satu Dasawarsa Keistimewaan Yogyakarta, di Gedung Kesenian, Rabu malam (10/8/2022). 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat HY Aji Wulantara, Kepala Dinas Kebudayaan Sleman Edy Winarya dan Wakil Ketua DPRD Sleman Arif Kurniawan.

Festival kethoprak yang akan berlangsung hingga 19 Agustus 2022 ini dikuti peserta dari 17 Kapanewon yang ada di Sleman, dengan usia maksimal 40 tahun. Sedangkan yuri melibatkan tokoh-tokoh dari unsur kebudayaan, seniman dan praktisi.

Bupati Kustini in action di atas panggung festival kethoprak || YP-Ist

“Kegiatan positif ini harus kita dukung. Melalui festival ini kita juga dapat menemukan banyak seniman berbakat yang bisa membanggakan Sleman. Sehingga, monggo bersama sama kita dan lestarikan agar kebudayaan ini tidak hilang begitu saja di masa depan,” ujar Kustini dalam sambutannya.

Kustini juga menjelaskan kegiatan ini menjadi bagian dari peringatan Satu Dasawarsa Keistimeeaan Daerah Yogyakarta yang juga dilaksanakan se Kabupaten dan kota DIY. Dengan diadakan festival kethoprak sekaligus upaya untuk memperkenalkan serta melestarikan kebudayaan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Sleman Edy Winarya menjelaskan, pelaksanaan kethoprak Kabupaten Sleman  menjadi kesempatan untuk semakin memperkenalkan kebudayaan kepada masyarakat. Disamping itu, kegiatan ini juga memberikan ruang gerak seniman dalam berekpresi serta menemukan bibit unggul baru di dunia kesenian.  (Agn)

 


share on: