Nathania Saphira Raih Peringkat Empat AWS Dee Racer Womens League Asia Tenggara

share on:
Nathania Saphire || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Nathania Saphira, mahasiswi Program Studi (Prodi) Informatika Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berhasil meraih peringkat empa dalam ajang AWS Deep Racer Women’s League Asia Tenggara yang digelar pada tanggal 26 September 2020 dengan catatan waktu 0:12:338.

Selain Nathania, di babak grand final tingkat Asia Tenggara ini, Indonesia juga diwakili oleh Mahanti Indah Rahajeng, mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang di kejuaran AWS Deep Racer tingkat internasional menduduki peringkat sebelas.

Menurut Willy Sudiarto Raharjo SKom MCs selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama (WD III) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKDW, AWS DeepRacer Women’s League merupakan ajang bagi para mahasiswi untuk menerapkan prinsip machine learningpada simulator mobil 3D berbasis cloud milik AWS yang disebut AWS DeepRacer. Pada prinsipnya, kompetisi ini mengadu kemampuan mahasiswa dalam membuat model matematika guna memandu obyek berupa mobil virtual dengan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk mendapatkan waktu tercepat dalam mengitari satu putaran atau lap dalamsirkuit virtual. “Ajang ini digelar oleh Amazon Web Services Inc. (AWS) dikawasan Asia Tenggara untuk pertama kalinya. Dalam kondisi normal, acara ini biasanya diselenggarakan secara offline, namun dikarenakan adanya situasi COVID-19, maka untuk tahun ini diselenggarakan secara online. Acara ini juga diselenggarakan sebagai bagian dari acara yang lebih besarya itu Build On, ASEAN 2020,” ungkapnya, Selasa (29/9/2020).

Nathania mengungkapkan ketertarikannya di bidang produksi game membuat ia mengambil keputusan untuk melanjutkan studike Informatika UKDW. “Setelah kuliah saya menyadari bahwa machine learning masih berkaitan dengan game sehingga saya tertarik untuk mempelajarinya. Saya mendapatkan informasi mengenai AWS Deep Racer Women’s Leaguedari WD III FTI dan langsung tertarik untuk mengikuti kompetisi tersebut. Selain mencari pengalaman, saya belajar banyak hal baru terutama tentang algoritma reinforcement learning yang digunakan dalam Deep Racer. Saya sangat bersyukur bisa menempati posisi keempat dalam ajang AWS Deep Racer Women’s League Asia Tenggara ini,” pungkasnya. (*)

      

      

 

 


share on: