Ribuan Buruh Deklarasi Dukung Anies Baswedan Jadi Presiden

share on:
Suasana deklarasi dan FGD sekitar 1.000 pendukung Anies Baswedan, di GOR Tridadi Sleman, Minggu (9/7/2023) || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) – Sekitar seribu buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Yogya mendeklarasikan dukungannya terhadap Anies Baswedan untuk menjadi Presiden dalam Pemilu 2024, di GOR Tridadi, Sleman, Minggu (9/7/2023). Aliansi ini terdiri dari DPD KSPSI, PD FSP NIBA, GIP, PD TSK, PD PGSI, PD Parekraf, FBI, DPD SPN, dan KSBSI.

Anies for Presiden 2024, demikian seruan yang bergema dikomandoi Ruswadi SH MAP Ketua Kegiatan. Mereka diantaranya para buruh garmen, buruh tani dan tembakau, nelayan, ojol dan pekerja UKM, yang selanjutnya mengikuti Forum Group Discusion (FGD)

“Kami berkumpul sekaligus untuk merespon kondisi mereka akibat kebijakan Omnibus Law dan RUU Kesehatan telah merugikannya,” ujar Ruswadi.

Ruswadi dalam pidatonya antara lain menegaskan kinerja Anies yang positif saat menjadi Gubernur DKI dengan menaikkan upah pekerja disana yang tinggi tanpa mengacu Omnibus Law. Selain itu juga ada kebijakan naik bus gratis, pendidikan dan sembako yang disubsidi.

Itu sebabnya, para peserta mengajak agar Pimpinan DPP Konfederasi maupun Federasi di Jakarta untuk segera mendeklarasikan dan mendukung H Anies Rasyid Baswedan sebagai Calon Presiden Periode 2024-2029.

“Ribuan buruh dan petani di Yogya bersatu memberikan dukungan untuk Anies Baswedan,” tandasnya.

Mereka juga menyerukan lima hal yakni pencabutan UU No. 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja, pencabutan Permenaker No. 5 Tahun 2023, peninjauan ulang RUU Kesehatan yang mengkategorikan tembakau setara narkotika dan psikotropika, ciptakan dan perluasan lapangan kerja tanpa memangkas atau mengurangi kesejahteraan buruh yang sudah ada, serta hentikan dan batasi ‘serbuan’ Tenaga Kerja Asing (TKA).

Di depan buruh dan petani ini, juga hadir deretan calon DPRD dan DPR RI yang pro dengan suara buruh. Salah satunya Ketua KSBSI, Feldynata Kusuma, SE yang mengatakan semua elemen buruh yang hadir harus harus menyatukan langkah dan tujuan guna kemenangan dalam pemilian umum 2024 nanti.

“Pilihlah pemimpin dan wakil-wakil rakyat yang peduli dengan nasib buruh maupun petani,” seru Feldy caleg Partai Demokrat ini. (*)

 


share on: