Fesbul Lokus 1 Umumkan 'Kontapati' dan 'Patgulipat' Terpilih Karya Unggulan dari Yogyakarta

share on:

Yogyapos.com (JAKARTA) - Festival Film Bulanan atau Fesbul, dengan bangga mengumumkan hasil seleksi untuk 2 Film Terpilih Lokus 1 yang menampilkan karya-karya unggul dari wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Dalam kompetisi dengan jumlah peserta sebanyak 77 film, kedua film ini berhasil memperlihatkan keragaman sinema dengan kreativitas yang luar biasa.

BACA JUGA: Aksi Ratusan Rakyat Yogya 'Tolak Pemilu Curang' Serukan Jokowi Turun

Para kurator menyuarakan apresiasi mereka terhadap kualitas kedua film tersebut. “Kontapati adalah film bisu yang punya keunikan sendiri, punya sesuatu yang berbeda, sebuah film tanpa dialog tapi bisa membuat penonton penasaran. Sementara Patgulipat mempunyai nilai sosial yang cukup tinggi, dan dari sisi industri, film ini lebih mudah untuk menjangkau audiensnya”, kata Rahma Guntari, salah satu kurator Fesbul 2024. 

BACA JUGA: Di Indonesia, Alat Canggih Ini Hanya Dipunyai UPN Veteran Yogyakarta

Pujian lain datang dari Mohamad Ariansah yang menyebut film-film tersebut sebagai karya yang memiliki keunikan, kuat dalam gagasan, di mana ada upaya untuk mencari sesuatu yang di luar klise. Sementara itu, Rahabi Mandra menambahkan, “Kontapati mencoba gaya baru dengan membuat film tanpa dialog. Saya salut dengan usaha mereka menggali orisinalitas dan pengerjaan teknis yang baik dalam karyanya. Sedangkan film Patgulipat berhasil menyampaikan pesan yang menohok dalam ceritanya,” tutur Rahabi.

Selain pengumuman Film Terpilih, Fesbul 2024 juga mengumumkan jadwal workshop film dengan tagline ‘Passion, Roots, Movement’ yang akan diselenggarakan di Solo pada tanggal 1-3 Maret 2024. Workshop ini akan berfokus pada penulisan, penyutradaraan, dan produserial. 

BACA JUGA: Mantan Account Officer PT Laysander Technology Menjadi Buron Polda DIY, Ini Penyebabnya

Antusiasme terhadap kegiatan ini terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 50 peserta. Tidak hanya mendapatkan pelatihan intensif langsung dari para ahli di bidangnya, peserta terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk berkerja di dunia komersil dan mengikuti pasar film festival internasional di tahun 2025. 

Nantikan jadwal seleksi film Fesbul selanjutnya, Lokus 2 untuk wilayah Banten dan Jawa Barat, yang akan dibuka pada 2 Maret mendatang. Informasi lebih lanjut tentang festival, film-film terpilih, serta jadwal seleksi film selanjutnya, silakan kunjungi situs resmi Fesbul di www.fesbul.com dan akun Instagram @fesbul.id. (*/Tha)

BACA JUGA: Pembacok Kakek Wardani Diringkus Tanpa Perlawanan, Uang Rp 50.000 Jadi Barang Bukti

Berikut adalah dua film yang berhasil lolos sebagai Official Selection Lokus 1 Fesbul 2024:

1. Kontapati

Sutradara : M. Raflie Maulana

Produser : Al Ridwan

Genre : Fiksi

Rumah Produksi : Asaloka Films

Asal Kota : DI Yogyakarta

 

2. Patgulipat

Sutradara : Jesica Nindita

Produser : Jessica Aurelie

Genre : Fiksi

Rumah Produksi : Avikom Films

Asal Kota : DI Yogyakarta {}

 

 


share on: