Karya Monumental PA IV Serat Langen Wibawa Hadir dalam Pameran Virtual FSY 2021

share on:
Serat Langen Wibawa karya Paku Alam IV || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Sebagai rangkaian dari perayaan Puncak Festival Sastra Yogyakarta, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menggelar Pameran Virtual Serat Langen Wibawa koleksi Kadipaten Pakualaman. Untuk memahami makna yang tergambar dalam tayangan ini, masyarakat akan dipandu oleh kurator dan narator Dr Sri Ratna Saktimulya MHum dan M Bagus Febriyanto MHum. Keduanya akan  memberikan kajian mendalam tentang sejarah, filosofi, makna dan arti berbagai ilustrasi dan ornamen hias yang terdapat pada naskah Serat Langen Wibawa.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti SSos MM menjelaskan, alasan dipilihnya Serat Langen Wibawa dalam pameran ini  antara lain karena naskah ini merupakan salah satu dokumen sejarah yang ditulis pada periode Kanjeng Gusti Paku Alam IV. Disamping kekayaan intelektualyang monumental, naskah ini mencatat pula dokumentasi seni pertunjukan yang begitu beragam.

“Melalui karya sastra ini Paku Alam IV  dapat dikatakan sebagai pencipta, pelestari, sekaligus pemerhati seni pertunjukan, karena di dalamnya terdapat pula visual wedana renggan yang saat ini sudah dialihmediakan menjadi karya batik khas Pura Pakualaman,” ujar Yetti kepada wartawan diruang kerjanya, Kamis (2/2/2021). 

Ditambahkan Yet ti, Naskah ini menjadi salah satu dokumen sejarah yang ditulis pada periode Kanjeng Gusti Paku Alam IV. Di samping kekayaan intelektual yang monumental, naskah ini mencatat pula dokumentasi seni pertunjukan yang begitu beragam. Bahkan, Paku Alam IV dalam naskah ini dapat dikatakan sebagai pencipta, pelestari, sekaligus pemerhati seni pertunjukan. Di dalamnya terdapat pula visual wedana renggan yang saat ini sudah dialihmediakan menjadi karya batik khas Pura Pakualaman.

Selanjutnya dikatakan Yetti, disamping sebagai upaya menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi budaya, bahasa dan sastra Jawa dinilai perlu untuk terus dihidupkan melalui ragam bentuk kreasi. Oleh karena itu, salah satu tujuan pameran virtual ini adalah berkontribusi dalam menciptakan ruang kota yang mendukung pelestarian nilai sejarah, tradisi dan budaya

“Pameran virtual manuskript Serat Langen Wibawa ini adalah bagian dari agenda Festival Sastra Kota Yogyakarta 2021. Naskah Serat Langen Wibawa milik Kadipaten Pakualaman dikemas dalam kemasan virtual yang menarik bagi masyarakat Kota Yogyakarta dan dunia,” tandas Yetti.

Pameran virtual manuskript Serat Langen Wibawa ini merupakan bagian dari agenda Festival Sastra Kota Yogyakarta 2021. Agenda lainnya adalah: Musikal Hanacaraka, sandiwara bahasa Jawa ‘ Sinten Sik Remen’, pementasan sastra ‘Kidung Aksara Jawa’, talkshow sastra, workshop aksara Jawa Digital serta film sastra ‘Gegaraning Akrami’. Tayangan berdurasi 18 menit ini dapat dilihat melalui kanal Youtube Pemkot Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, mulai Kamis  (2 /12/2021) pukul 19.00 WIB. (*/Sulistyawan Dibyosuwarno)

 


share on: