Keren... KWT Srikandi Berhasil Ciptakan Pangan Sehat

share on:
Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Heru Saptono saat melakukan kunjungan kerja di lokasi Demontration Plot atau Demplot KWT Srikandi, di Gang Kuwera No.9 Santren Caturtunggal, Jumat (26/2/2021) || YP-Eko Purwono

Yogyapos.com (SLEMAN) - Pemanfaatan pekarangan sempit di tengah pemukiman padatnya lahan perkotaan, menjadi lahan produktif yang digagas sejumlah wanita yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi di Padukuhan Mrican, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman ini patut diacungi jempol.

Bagaimana tidak, KWT Srikandi yang tercatat sebagai salah satu kelompok terbaik 5 besar tingkat nasional ini telah berhasil membuktikannya melalui program pekarangan pangan lestari (P2L).

“Kelompok Tani wanita Srikandi Padukuhan Mrican ini merupakan kegiatan yang luar biasa, para ibu-ibu bisa memanfaatkan lahan pekarangan yang relatif sempit dan bisa mencukupi kebutuhan pangan, baik secara kuantitas bahkan kualitasnya,” terang Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Heru Saptono saat melakukan kunjungan kerja di lokasi Demontration Plot atau Demplot KWT Srikandi, di Gang Kuwera No.9 Santren Caturtunggal, Jumat (26/2/2021)

Dikatakannya, hasil budidaya tanaman pangan ini merupakan sumber makanan yang sehat lantaran dikembangkan budidaya alami tanpa penggunaan bahan kimiawi yang dapat dinikmati warga sekitar, oleh karena itu Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, tandas dia akan terus mendorong untuk kegiatan ini.

”Budidaya ini tentu saja merupakan pangan sehat, karena tanpa penggunaan pestisida kemudian dengan pupuk organik, Insyallah ini juga bisa mengatasi program stunting selain itu hasil budidaya ini bisa dimanfaatkan bagi masyarakat luas, dari kegiatan ini dari dinas akan selalu support untuk pengembangan,” katanya.

Ketua KWT Srikandi, Nur Handayani menambahkan di lahan demplot KWT Srikandi seluas lebih kurang 500 meter persegi, dirinya bersama sejumlah wanita melakukan budidaya aneka tanaman sayuran dan tanaman obat, selain itu dilakukan pula budidaya ayam kampung yang kandangnya diletakkan diarea demplot.

“Dengan kunjungan Bapak Kepala Dinas Pertanian ini, menjadi penyemangat kami, tadi kita juga telah mendapatkan arahan dan penjelasan dari beliau. Kami terus mengharapkan dukungan dari dinas terkait baik ditingkat kabupaten maupun di pusat.  Kali ini kita juga menerima tamu dari KWT Mekar dari Kapanewon Ngemplak untuk melihat secara langsung kegiatan yang berlangsung,” ungkap dia.

Dalam kesempatan tersebut Kadis Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman melakukan panen sayuran dan telur alam kampung hasil budidaya KWT Srikandi. (Eko Purwono)

 

 

 

 


share on: