Meriahkan HUT ke-77 RI, Ada Lomba 'Nylumbat Kelapa' di Dusun Karanggawang

share on:
Lurah Mororejo, Jaka Ristanta (berdiri) secara langsung turut mendukung kegiatan perlombaan mewarnai bagi anak-anak dan lansia || YP-Eko Purwono

Yogyapos.com (SLEMAN) - Banyak ide perlombaan unik dikemas dalam menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini seperti yang dilakukan oleh kaum muda di Padukuhan Karanggawang, Kalurahan Mororejo, Kapanewon Tempel, Sleman.

Agar lebih seru dan menarik, Ikatan Pemuda Pemudi Simpatis Islam (IPPSI) Karanggawang RT 05 RW 08 menghiasi sejumlah lomba unik diantaranya berupa perlombaan tradisional nylumbat kambil (mengupas kelapa) bagi ibu-ibu dan lomba mewarnai untuk kaum lanjut usia (lansia).

Lomba nyumbat kambil (mengupas kelapa) diikuti oleh kaum wanita || YP-Eko Purwono

Ketua Panitia Lomba, Ananda Dzaky Agus Pratama didampingi Ketua IPPSI Ardhyansyah Wahyu Setiaji mengatakan sejumlah lomba dikemas dengan unik dan menarik salah satu tujuan diadakannya kegiatan adalah untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI serta menumbuhkan semangat kebersamaan dan persatuan antar warga.

“Dalam kegiatan kita libatkan seluruh unsur masyarakat, mulai dari anak-anak hingga lansia, dengan harapan dapat meningkatkan rasa persatuan dan kekompakan, khususnya warga Karanggawang RT 05, dengan semangat kemerdekaan kita semua berharap dapat bangkit dari dampak pandemi Covid-19,” kata Dzaky disela kegiatan, Minggu (14/8/2022).

Menurut dia, pelaksanaan ajang lomba dilaksanakan mulai Sabtu-Minggu, 13-14 Agustus 2022, beberapa ajang yang dilombakan, antara lain balap karung, memasukkan paku dalam botol, mewarnai, lomba lari bakiak, memasukkan benang ke dalam lubang jarum dan akan digelar jalan sehat pada pekan depan.

“Untuk lomba nyumbat kambil atau mengupas kelapa sengaja kita libatkan Ibu-ibu dengan maksud untuk melestarikan tradisi yang mulai punah ditelan perkembangan jaman, serta lomba mewarnai dengan peserta anak-anak hingga lansia, dengan tema tempat ibadah masjid dan panorama alam,"imbuh dia.

Lurah Mororejo, Jaka Ristanta yang hadir dalam kesempatan tersebut menyatakan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan dalam rangka mengisi peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan ini merupakan momen yang tepat untuk menggelorakan semangat terutama bagi generasi muda.

“Ini merupakan ide-ide dan kegiatan yang positif dari para pemuda dengan melibatkan para lansia, panitia yang terdiri unsur pemuda pemudi ini yang nantinya merupakan generasi penerus bangsa dan diharapkan menjadi generasi emas, Semangat dan rasa juang bela negara harus tetap ditanamkan diri kita masing-masing,” tutur Jaka. (Opo)

 

 

 


share on: