Warga RT 06 Dusun Sedan Silaturahmi Sowan Sesepuh, Berharap Pandemi Berlalu

share on:
Perwakilan pemuda sowan dan menyalurkan bantuan kepada salah satu sesepuh kampung || YP-Baharuddin Kamba

Yogyapos.com (SLEMAN) - Selama dua tahun terakhir ini, pandemi Covid-19 telah merenggut berbagai hal dari kehidupan kita. Kondisi ini pun memunculkan banyak keprihatinan dan kepedulian dari masyarakat sekitar khususnya terhadap para lanjut usia atau lansia. 

Sebagai salah satu bentuk kepedulian dan rasa terima kasih kepada para lansia, warga RT 06 Dusun Sedan Kalurahan Sariharjo Kapanewon Ngaglik Kabupaten Sleman melaksanakan kegiatan sambang "sowan sesepuh" kepada para tokoh masyarakat yang lanjut usia.

Perwakilan pengurus RT 06 menyambangi "sesepuh" diantaranya Sarikem yang merupakan janda pensiunan pejuang Veteran. Kemudian ada Mardi Utomo "sesepuh" yang berprofesi sebagai penjual bambu. 

Para pengurus RT 06 Dusun Sedan membagikan paket sembako bagi para "sesepuh" yang membutuhkan. Ada belasan paket sembako yang berisi beras, gula, teh, kopi dan mie instant dibagikan kepada "sesepuh" ini.

Ketua RT 06 Dusun Sedan Suratman mengatakan, kegiatan silahturami "sowan sesepuh" ini sebagai bentuk kepedulian dan terimakasih kepada para lansia yang telah berjasa dalam memajuan wilayahnya.

“Saya atas nama pengurus RT 06 Dusun Sedan mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang memberikan bantuan berupa sembako untuk para lansia khususnya para "sesepuh" dilingkungan RT 06 Dusun Sedan ini,” ujar Suratman.

Suratman menerangkan dana untuk membeli sembako dan uang tali asih berasal dari uang jimpitan warga RT 06 Dusun Sedan yang dikumpulkan setiap bulannya.

Salah satu penerima sembako Sarikem atau akrab dipanggil mbah Karso ini mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian warga terhadap dirinya.

“Terima kasih sudah memperhatikan dan peduli terhadap saya. Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih,” kata mbah Karso yang lebih banyak berbaring ditempat tidur karena faktor lanjut usia. 

Sementara itu salah satu pengurus RT 06 Dusun Sedan, Sasongko mengharapkan dengan adanya kegiatan silahturami "sowan sesepuh" ini dapat mengurangi beban kebutuhan kepada para lansia. 

“Para lansia atau kami sebut sesepuh dilingkungan RT 06 Dusun Sedan ini sebenarnya bisa jadi panutan bagi generasi muda penerusnya,” ujar Paidi pengurus RT yang menjabat sebagai bendahara. (Baharuddin Kamba)

 


share on: