Dari Banyuraden UWM Membangun Peradaban Baru Berkemajuan

share on:
Suasana jalan sehat menyusuri kampung dalam rangka Tasyakuran Milad UWM ke-41, Minggu (1/10/2023) || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Keberadaan kampus terpadu Universitas Widya Mataram (UWM) di Jalan Tatabumi Selatan, Banyuraden, Gamping, Sleman sejak empat tahun silam, mulai mendapatkan momentum untuk membangun peradaban baru di Kawasan Banyuraden dan sekitarnya.

Civitas akademika dan warga mulai membaur dalam interaksi yang harmnois melalui dua momentum acara yaitu Malam Tasyakuran Milad UWM ke-41 (27/9/2023) dan jalan sehat menyusuri kampung (1/10/2023).

BACA JUGA: Seribu Prajurtit TNI Membatik Catatkan Rekor MURI

Lurah Banyuraden sudarisman menyatakan pengaruh positif kampus UWM mulai dirasakan warga. Warga yang memiliki rumah atau kamar yang disewakan mulai ditempati oleh para mahasiswa UWM. Warung-warung makan mulai menggeliat dengan kehadiran mahasiswa. Transaksi ekonomi mulai meningkat di kalangan warga.

“Kita berharap pendidikan warga makin tinggi, anak-anak muda bisa kuliah di kampus ini, dan kebudayaan kampus mewarnai kampung menjadi kampug berkemajuan,” katanya kepada yogyapos.com, Selasa (3/10/2023).

Rektor UWM Prof Edy Suandi Hamid MEc nampak gembira mengikuti jalan sehat || YP-Ist

Sebagai strategi makin mendekatkan dengan warga, jalan sehat mengelilingi desa menjadi alternatif paling logis untuk membangun kedekatan penduduk kampus dan penduduk Banyuraden. Dengan melewat kampung mereka, para sivitas akademika saling menyapa walaupun sepintas lalu interaksi itu.

BACA JUGA: Sengketa Tanah di Rejowinangun Segera Memasuki Babak Lanjutan Eksekusi/Lelang

Saling sapa itu terjadi pada Minggu (1/10/2023). Rektor, wakil rektor, para dekan, dosen, dan tenaga pendidikan berbaur dengan warga, menyusuri Jalan Tata Bumi Selatan Banyuraden, belok ke barat Jalan Gatotkaca, ke selatan Jalan Sri Rahayu, masuk Jalan Nakula dan kembali finis di UWM. Sepanjang jalan sekitar 3 km yang disusuri merupakan jalan yang keliling kampung.

Usai jalan sehat dengan finis di Pendopo Agung UWM, warga kampus dan warga kampung berinteraksi lagi dalam ruang bisnis. Pada momen ini, warga kampus berbagi hadiah (doorprize) dan warga kampung menjajakan produk usaha kecil mikro warga kampung, dari makanan, tanaman, sampai kerajinan.

BACA JUGA: Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Mengenang Pahlawan yang Gugur Akibat Kekejaman PKI

Mulai upacara kesaktian Pancasila.

Kegiatan gerak jalan sehat mulai dengan acara sakral berupa upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman rektoran kampus. Inspektu upacara Rektor UWM Prof Dr Edy Suandi Hamid MEc, peserta dari jajaran pimpinan, dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa.

Usai upacara selama 30 meit, dilanjutkan dengan pemberangkatan jalan sehat. Rektor memberangkatkan peserta dengan melepas balon udara. Prof Edy Suandi Hamid meyatakan kegiatan upacara, senam, jalan sehat, dan bazar berjalan lancer dan sukses. Rektor juga memberi apresiasi kepada panitia penyelenggara.

BACA JUGA: Wisuda 635 Mahasiswa Unjaya Dihadiri Amelia Yani, Danrem 072/Pmk Bacakan Sambutan Kasad

Ketua Panitia Dies UWM ke-4 Dr As Martadani Noor MA menyatakan, sukses acara ini berkat kerja keras dan kekompakan para panitia. “Kita bisa menyelenggarakan rangkaian acara yang padat, dari upacara Hari Kesaktian Pancasila, senam, jalan sehat, bazar. Ini prestasi bersama dari para panitia dan sivitas akademika UWM,” ujarnya.

Usai jalan sehat, para peserta jalan sehat mengunjungi dan berbelanja pada arena bazaar produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), baik dari mahasiswa, warga Banyuraden, dan pengusaha mikro lainya dari berbagai kampung sekitar.

BACA JUGA: Malam Tirakatan di Monumen Pancasila Dihadiri Danrem Brigjen TNI Joko Purnomo

Acara Jalan Sehat ini ditutup dengan penyerahan hadiah utama. Sepeda gunung didapatkan oleh Ahmad Kholid Mawardi SKom yang merupakan Kepala Bagian Administrasi Umum, Akademik, dan Keuangan Fakultas Sains dan Teknologi yang diserahkan langsung oleh Rektor UWM. Kulkas didapatkan oleh Edy Chrisjanto SH MH yang merupakan dosen Fakultas Hukum UWM dan mesin cuci didapatkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Satmabhara yang bertugas pada kesempatan kali ini.

BACA JUGA: Setiap Tahun Terjadi Adopsi Terhadap 15 Anak di Bantul, Ini Prosedurnya

Terkait dengan rangkaian kegiatan dan lomba dalam rangka Dies Natalis ke-41 UWM, Ketua Panitia Dies Natalis Ke-41 UWM, Dr AS Martadani Noor MA. menjelaskan bahwa kegiatan untuk memperingati Dies Natalis ke-41 sudah dimulai sejak 16 September 2023 dengan adanya ziarah ke makam pendiri UWM, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yang merupakan pahlawan nasional. (*)

 


share on: