Disbud Yogya Kenalkan Wayang Melalui Animasi

share on:
Anak-anak bermain wayang usai menyaksikan film animasi Srikandi || YP-Sulistyawan Ds

Yogyapos.com (YOGYA) - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta  gencar melakukan sosialiasi pelestarian Warisan Budaya Tak Benda. Salah satunya melalui film animasi “Srikandi”. Kegiatan berlangsung selama dua hari yaitu Selasa-Rabu, (28-29 Maret 2023) di Science Theater Taman Pintar Yogyakarta.

Pengenalan Wayang ini diikuti oleh 50 peserta kategori anak dan remaja usia 8 – 15 tahun. Agenda kegiatan dikemas dengan cara menarik dan interaktif. Selain melalui pemutaran film animasi “Srikandi”, terdapat games-games seru seperti bedah tokoh wayang, tebak tokoh wayang, membuat wayang kertas, hingga belajar bagaimana menggerakkan wayang berdasarkan karakter wayang.

Acara ini menghadirkan 3 narasumber seniman pedalangan di Yogyakarta yaitu Elisha Orcarus Allasso, Fani Rickyansyah, dan Bayu Aji Nugraha. Mereka mengajak peserta mengenal wayang dengan pendekatan melalui hal-hal yang mudah diterima anak dan remaja serta lebih mengena. Harapannya agar membangkitkan minat, kreatifitas serta kecintaan mereka terhadap kesenian wayang.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Yetti Martanti SSos MM, Rabu (29/3) menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengembangan implementasi nilai-nilai luhur budaya untuk tercapainya kelestarian wayang sebagai Warisan Budaya Takbenda di Kota Yogyakarta yang dimulai sejak dini. 

“Kami menyasar masyarakat khususnya penggemar wayang yang tergolong anak dan remaja di Kota Yogyakarta, dengan cara memberi edukasi serta menyampaikannya secara kekinian  dan mudah diterima oleh peserta yang termasuk dalam generasi Z,” Jelas Yetti.

Ditambahkan Yetti, agenda seperti ini menjadi salah satu harapan besar Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta dalam upaya membina anak dan remaja di Kota Yogyakarta menjadi generaai berjiwa mulia dan berkarakter seperti apa yang dicontohkan oleh tokoh Srikandi yaitu bersemangat, pemberani, memiliki tekad yang kuat, dan percaya diri. (Sds) 

 

 

 

 

 

 


share on: