Letkol Inf Arief Wicaksana: Disiplin dan Semangat Kunci Hadapi Pandemi

share on:
Dandim 0732/Sleman bersama Plt Kadis Satpol PP, Danramil Mlati, Kapolsek Mlati dan Direktur Bumdes Tirtamas || YP-Dok Embung Senja

Yogyapos.com (SLEMAN) - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sleman kembali mengingatkan pentingnya masyarakat untuk taat penuh kesadaran dalam menerapkan kedisiplinan terkait vitalnya kesehatan. Satgas tetap semangat tanpa lelah mengingatkan agar masyarakat tidak lengah menghadapi pandemi Covid-19. Dengan begitu, diharapkan bisa menekan laju persebaran virus dan pelan-pelan bisa menggerakkan kembali perekonomian.

Demikian Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol (Inf) Arief Wicaksana SH MHan saat memimpin operasi penegakan kedisiplinan pemakaian masker di kawasan Embung Senja, Tirtoadi Mlati Sleman, Kamis (1/10/2020) sore. Lebih jauh ditekankan, kegiatan penertiban pemakaian masker ini sebetulnya dilaksanakan rutin baik di Koramil maupun Polsek. "Sore ini kami mengumpulkan Satgas Covid-19 dari kalangan TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas. Kita gelar bersama dan terintegrasi dengan cepat", tandasnya.

Terkait pendisiplinan pemakaian masker untuk menghadapi Covid-19, Arief menjelaskan, sengaja memilih Embung Senja yang tiap sore menjadi titik kumpul manusia dari berbagai daerah.

“Kita memang menargetkan objek wisata yang ada kerumunan orang dan tempat dimana orang kemungkinan lengah menggunakan masker. Oleh karena itu, kita mengingatkan selama pandemi masyarakat harus menaati protokol kesehatan. Embung Senja adalah tempat wisata yang diminati keluarga. Kita berharap jangan sampai lengah, pesannya,” katanya.

Mantan Komandan Yonif Raider 400/Banteng Raiders ini mengakui Kabupaten Sleman memang lebih tinggi dibanding daerah lain di DIY terkait angka penderita Covid-19. “Yang penting kita tetap semangat menghadapi pandemi agar wabah pandemi Covid bisa semakin dikendalikan,” ajaknya.

Sementara itu di tempat yang sama, (Plt) Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Sleman Drs. Susmiarto, MM menandaskan pihaknya mengakui dukungan TNI/Polri sangat membantu program Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sleman. "Selama ini kami mengalami keterbatasan personil dalam upaya penegakan kedisiplinan. Tapi dengan keterlibatan TNI dan Polri sangat membantu percepatan penanganan Covid-19,” jelasnya. Operasi penegakan, menurut mantan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan ini, rutin dilakukan di jalan dan pusat-pusat keramaian. “Sore ini kita gelar secara terpadu dan melibatkan banyak personil level kabupaten. Apalagi tiap sore Embung Senja didatangi pengunjung sehingga perlu perhatian ekstra dengan mengedepankan edukasi,” katanya.

Menanggapi pesan Dandim 0732/Sleman itu, Direktur Bumdes Tirtamas sebagai pengelola Embung Senja, Wahjudi Djaja SS MPd mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan kepedulian Satgas Covid-19 Sleman. "Gerakan sore ini sangat bermanfaat tidak saja bagi kami selaku pengelola tetapi juga masyarakat yang hadir di Embung Senja. Harapan kami selepas penegakan ini masyarakat semakin sadar pentingnya memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak agar terhindar dari Covid-19,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan itu antara lain Danramil 12/ Mlati, Mayor (Inf) Agus Eriyanto, SE, Kapolsek Mlati Kompol Hariyanto, jajaran Satlinmas dan para personil TNI/Polri. Dalam operasi itu beberapa pengguna jalan di depan kawasan Embung Senja tertangkap tidak mengenakan masker sehingga harus dilakukan edukasi. (Iud)

 

 


share on: