Pemkot Agendakan Festival Dalang Anak dan Remaja Tingkat Kota Yogya 2022

share on:
Dalang Kecil sedang memainkan wayang kulit || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) menyelenggarakan kegiatan Festival Dalang Anak dan Remaja Tingkat Kota Yogyakarta. Kegiatan akan berlangsung selama 2 hari yaitu Senin-Selasa, tanggal 6-7 Juni 2022 di nDalem Ngabean, Jalan Ngadisuryan 6, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta. 

Kuota peserta yang dapat berpartisipasi dalam Festival ini adalah 10 dalang anak dan 10 dalang remaja yang memiliki KIA/ KTP Kota Yogyakarta. Dalang Anak yaitu mereka yang berusia 8 hingga 15 tahun dan Dalang Remaja usia 16 hingga 20 tahun.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, menjelaskan bahwa Festival Dalang Anak dan Dalang Remaja SeKota Yogyakarta ini diselenggarakan dalam rangka regenerasi seniman pedalangan untuk memberikan motivasi, membangkitkan kreatifitas, serta kecintaan generasi muda terhadap Seni Pedalangan pada masa kini. 

“Kegiatan ini diharapkan dapat berkelanjutan karena berguna sebagai media pelestarian 

pengembangan dan aplikasi nilai-nilai budaya luhur khususnya masyarakat Kota Yogyakarta melalui Seni Pedalangan,” ujar Yetti di kantornya, Jumat (20/5/2022).

Ia menjelaskan, pelaksanaan Kegiatan Festival Dalang Anak dan Dalang Remaja untuk tahun ini tetap mengacu pada prosedur dan aturan dalam rangka pencegahan Covid-19.

Pendaftaran Peserta Festival Dalang Anak dan Dalang Remaja dibuka sampai tanggal 31 Mei 2022 melalui link Google Form https://bit.ly/3M6nKhV. 

Peserta diwajibkan mencantumkan link Google Drive video mendalang atau memainkan wayang secara sederhana (perekaman video dapat menggunakan HP) dengan durasi 5 - 10 menit. 

"Video mendalang ini merupakan bentuk seleksi awal. Bagi peserta yang lolos seleksi akan dihubungi oleh Panitia pada tanggal 1 Juni 2022 untuk kemudian mengikuti Technical Meeting pada tanggal 2 Juni 2022," ungkap Yetti.

Kejuaraan Festival Dalang Anak dan Dalang Remaja ini masing-masing akan memilih 5 (lima) pemenang yaitu Juara I, II, III, IV, dan V. Masing-masing mendapatkan Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan. Juara I Rp 5.000.000, Juara II Rp 4.500.000, Juara III Rp 4.000.000, Juara IV Rp 3.500.000, serta Juara V Rp 3.000.000. 

"Peserta yang berhasil menjadi Juara I akan mewakili Kota Yogyakarta dalam Festival Dalang Anak dan Dalang Remaja Tingkat DIY," pungkas Yetti. (Arif KF)

 

 


share on: