Sigit Sugito: AB-Ningrat akan Deklarasi Dukung 'AMIN' di Kotagede

share on:
Penggagas AB-Ningrat Sigit Sugito (kiri) dkk usai rapat persiapan deklarasi || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - AB-Ningrat akan menggelar Deklarasi mendukung Capres Cawapres Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar, di Omah Ropingen, Kotagede Yogya, Sabtu (30/9/23). Deklarasi yang akan diikuti oleh berbagai elemen masyarakat mendukung AMIN (Anies - Muhaimin) diperkirakan dihadiri oleh ratusan orang.

BACA JUGA: Anies Baswedan Dijadwalkan Hadir di Bandung Menyambut Gagasan Alumni ITB untuk Perubahan

Ketua AB-Ningrat, Sigit Sugito  menjelaskan, AB - Ningrat adalah sebuah organisasi perkumpulan yang diinisiasi berbagai individu dan profesi. Dalam AB-Ningrat terdapat unsur : seniman, akademisi, jurnalis, aktifis LSM, aktivis perempuan, pengusaha, aktivis lingkungan hidup, UMKM, dan lain-lain.

“Organisasi-organisasi itu mempunyai perhatian dan kepedulian sosial serta keprihatinan yang sama melihat kondisi bangsa Indonesia saat ini, dimana terjadi pengkotak-kotakan aspirasi, beradunya dua  kubu yang sangat massif terjadi, saling mencela, saling mencerca dan menuju perpecahan bangsa,” jelasnya, Kamis (28/9/2023).

BACA JUGA: Terdakwa Asusila terhadap 17 Anak Bawah Umur Resmi Ajukan Banding, Ini Alasannya

Oleh karena itu, kata Sigit Sugito AB-Ningrat Indonesia hadir, berkumpul, berserikat untuk mendedikasikan diri dengan kerja nyata melalui kerja kebudayaan, politik kebudayaan agar nuansa kebudayaan dalam berpolitik memberi sumbangsih atau warna baru politik Indonesia yang berbudi pekerti, beradab, menuju Indonesia yang bermartabat dan berdaya saing kuat dimata dunia.

Undangan deklarasi || YP-Ist

Ia mengatakan, AB-Ningrat diharapkan menjadi rumah besar kerja kebudayaan yang memproduksi nilai-nilai untuk membangun nasionalisme baru yang bertumpu pada Pancasila dan UUD 1945 serta kebhinekaan budaya.

BACA JUGA: Putusan Menolak Eksepsi Lurah Caturtunggal Diwarnai Dissenting Opinion

AB-Ningrat akan dideklarasikan di jantung peradaban Mataram Islam Kotagede yang diharapkan mampu menjadi tonggak sejarah baru jaringan kebudayaan untuk kemajuan Indonesia, oleh karena itu AB-Ningrat akan berupaya sekuat tenaga agar masyarakat kembali bersatu guyup rukun saiyeg saekoproyo golog gilig dalam membangun bangsa ke depan, maka segenap anggota AB-Ningrat tidak akan membuat hoax atau fitnah untuk kepentingan apapun, tidak menyetujui segala bentuk kekerasan politik, persekusi dan kampanye hitam. AB-Ningrat akan melakukan kerja politik yang berbudaya dan memberi atmosfir yang sejuk dan damai. 

BACA JUGA: Ratu Felisha Dirikan Influencer Agency, Bantu Pertumbuhan Ekonomi UMKM

“Omah Ropingen itu rumah penuh sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1924 an. Di rumah joglo lawasnya itulah tokoh-tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia pernah singgah dan berpidato. Mereka antara lain: Bung Karno, Syahrir, Muso, Tan Malaka, Semaun, Kiai Kahar Muzakir (anggota BPUPKI), Kasmat Bahuwinangoen (pendiri UII) dan tokoh-tokoh lainnya,” pungkas pekerja seni ini. (Tor)

 

 


share on: